NSK Membuat Terobosan Pintar Untuk Menggerakkan Bagian Kecil dan Besar di Tahun 2014

id NSK Membuat Terobosan Pintar Untuk Menggerakkan Bagian Kecil dan Besar di Tahun 2014

Penghasil bearing membantu pelangan industri dengan inovasi kustomTOKYO--(Antara/BUSINESS WIRE)-- Mungkin Anda tidak pernah memikirkan tentang bearing sebelumnya kalau Anda bukan seorang insinyur mekanik. Terlebih lagi, Anda mungkin tidak akan menyadari kalau bearing - bekerja tanpa terlihat - merupakan komponen penting dalam setiap mekanik yang bergerak: mulai dari jet jumbo hingga alat-alat nano, blender dapur hingga alat pengaduk beton. Untuk memenuhi lingkup kebutuhan "Motion and Control" yang begitu luas, NSK (TOKYO:6471) - penghasil bearing nomor 3 terbesar di dunia - perlu menawarkan lebih dari 200.000 jenis bearing yang berbeda, mulai dari yang berukuran mikroskopik hingga yang berukuran sangat besar. Setiap tahunnya para pelanggan memberikan tantangan baru bagi para peneliti NSK: kebutuhan akan bearing baru untuk mengatasi kendala kinerja tertentu. Berikut ini adalah dua tantangan yang berhasil dihadapi oleh para peneliti NSK dengan sukses di tahun 2014.

Turbin angin: rotasi yang handal dalam kondisi yang paling keras sekalipun

Sejak awal milenium baru energi angin telah mengalami perkembangan besar yang awalnya hanya sebagai sumber tenaga listrik pinggiran menjadi jaringan andalan di berbagai negara di seluruh dunia. NSK telah menjadi pemain kunci dalam perluasan global yang telah menginstalasi pembangkit listrik berkapasitas 17,4 gigawatts pada tahun 2000 hingga lebih dari 305 gigawatts pada akhir tahun 2014 - namun perannya ini mungkin tidak terlalu mendapat perhatian oleh khalayak umum.

Siapapun yang melihat gambaran turbin angin lepas pantai berukuran raksasa biasanya menganggap kalau bilah raksasanya merupakan teknologi terpenting yang terlibat di dalamnya. Namun kunci utama terhadap keberhasilan mesin raksasa ini justru terletak pada bearingnya, yang harus dapat berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun dalam kondisi yang sangat buruk: beban pergeseran yang sangat cepat dan besar; kondisi temperatur yang sangat fluktuatif; dan kondisi udara laut yang asin. Lokasinya yang terletak pada puncak menara yang tinggi di lautan yang berangin membuat upaya inspeksi sebuah turbin lepas pantai menjadi tugas yang sangat sulit. Menukar komponen berat juga memerlukan usaha yang keras. Itulah mengapa daya tahan dan kehandalan bearing menjadi faktor yang sangat penting bagi kelayakan ekonomis pembangkit listrik tenga angin.

Dengan pengalaman selama dua dekade menghadapai tantangan itu, para insinyur NSK berhasil mengembangkan daya tahan dan kehandalan pengelupasan struktur putih pada poros bearing yang digunakan pada gearbox turbin angin yang besar, begitu juga pada peralatan penambangan, konstruksi dan pembuatan baja.

Solusi yang ditawarkan NSK merupakan material yang dikembangkan secara khusus melalui proses pemanasan yang dengan cepat menambah masa hidup bearing. Poros bearing berukuran besar (AWS-TFTM) yang diluncurkan pada Mei 2014 ini merupakan teknologi inovatif yang menawarkan masa hidup yang lebih lama daripada produk sebelumnya, untuk beberapa ukuran penting seperti :

- 7 kali lebih lama tanpa "pengelupasan struktur putih"

- 3 kali lebih lama tanpa "pengelupasan di permukaan"

- Dua kali lebih lama tanpa "pengelupasan di bawah permukaan"

- Kekuatan fraktur dua kali lipat

- 1/50 tingkat perubahan dimensional

Kemajuan ini diharapkan dapat berkontribusi secara signifikan terhadap kelayakan ekonomi jangka panjang turbin angin. NSK berharap penjualan bearing baru ini dapat mencapai 1 milyar yen (kurang lebih setara dengan 8,5 juta USD) dalam penjualan global tahunan pada tahun 2017.

Putaran kencang untuk cucian lebih banyak tanpa membutuhkan ruang lebih besar

Meskipun turbin angin secara ukuran lebih besar dan lebih hebat dibandingkan dengan mesin cuci di rumah Anda, keduanya sama-sama membutuhkan siklus putaran yang handal dalam jangka waktu yang lama. Di sinilah kemudian bearing menjadi komponen kunci.

Bagi para pembuat alat di Eropa, spesifikasi mesin cuci rumahan memberikan tantangan yang lebih di beberapa tahun belakangan ini. Pembeli mesin cuci pintu depan saat ini menginginkan kapasitas cucian yang lebih besar, namun tetap dengan besar ruang mesin cuci yang sama dengan yang mereka miliki saat ini. Hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri karena apa yang biasanya dilakukan oleh para pembuat mesin cuci dengan ruang penyimpanan cucian yang lebih besar dan lebih berat hanyalah menempatkan bearing dengan kemampuan yang lebih berat dan lebih besar. Hal ini menimbulkan teka-teki lebih lanjut: bearing yang besar berarti efisiensi energi yang lebih rendah, namun menempatkan bearing yang ada sebelumnya pada ruang penyimpanan yang lebih besar akan mengurangi masa hidup produk. Untuk itulah produsen meminta bantuan NSK.

Sama dengan turbin angin raksasa, rintangan yang harus dihadapi adalah kecenderungan penyertaan non metalik pada bearing untuk megelupas atau retak setelah mengalami getaran selama bertahun-tahun. Semakin banyak pakaian yang dimasukkan, semakin besar pula kecenderungannya. Selain itu, perlu diperhatikan pula faktor lingkungan lainnya seperti: panas, pelembab, sabun, debu dan jamur.

Solusi dari NSK yang diluncurkan pada Desember 2014 adalah BNEQARTET Bearing yang Awet untuk Mesin Cuci Pintu Depan. Meskipun dengan jumlah cucian yang sangat banyak, bearing ini mampu bertahan dua kali lebih lama diandingkan dengan bearing standar yang digunakan pada ruangan penyimpanan mesin cuci pintu depan, namun tidak membutuhkan ruang lebih banyak.

NSK memanfaatkan salah satu teknologi materi intinya dalam mengembangkan materi untuk bearing jenis baru ini, melalui kombinasi optimisasi komponen alloy dan teknologi pengendalian pembersihan eksklusif untuk melawan kemungkinan kontaminasi. Hasilnya :

- Dua kali masa kelelahan yang terukur

- Penekanan pada pengelupasan permukaan karena konsentrasi tekanan dari penyok yang disebabkan oleh kontaminasi

- Penekanan pada "pengelupasan struktur putih"

- Penekanan pada pengelupasan akibat kondisi dengan temperatur tinggi

NSK menargetkan 1,5 milyar yen (kurang lebih setara dengan 12,5 juta USD) untuk penjualan global tahunan produk ini pada 2018.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.