PIPM Padang Ajak PNS Berinvestasi di BEI

id PIPM Padang Ajak PNS Berinvestasi di BEI

Payakumbuh, (Antara) - Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengajak PNS, pengusaha, masyarakat dan mahasiswa di Kota Payakumbuh untuk berinvestasi di pasar modal.

"Berinvestasi di pasar modal bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,"kata Kepala Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Padang, Reza Shadat Sahmeini di Payakumbuh, Selasa (10/2).

Menurut dia, dalam acara sosialisasi, audiensi dan edukasi pasar modal di aula Balai Kota Payakumbuh, Selasa, selama ini kebanyakan masyarakat menganggap pasar modal itu adalah hal yang rumit dan hanya diperuntukkan bagi orang-orang dari perusahaan besar. Namun menurut Reza, itu merupakan pandangan yang salah.

"Bursa Efek Indonesia atau sering disebut pasar modal di Indonesia adalah milik semua orang. Siapa saja bisa berinvestasi di BEI," kata dia.

Meski demikian menurut Reza, pemahaman terhadap BEI sangat diperlukan sebelum masyarakat ikut "bermain" di pasar modal.

"Salah satu upaya PIPM untuk memperkenalkan pasar modal kepada masyarakat adalah dengan menggelar sosialisasi, audiensi dan edukasi pasar modal kepada masyarakat dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah," kata dia.

Dia mengatakan, tahun ini sosialisasi akan diprioritaskan kepada PNS di kabupaten/kota.

"Tahun lalu sudah kami coba dan ternyata antusiasme PNS cukup tinggi," katanya.

Dia menyebutkan, selain kalangan PNS, sosialisasi pasar modal juga ditujukan kepada mahasiswa dan masyarakat umum.

Untuk mahasiswa, PIPM Padang sudah membuka Galeri Pojok Bursa di Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, dan Politeknik Negeri Padang.

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Suwandel Muchtar dalam kesempatan yang sama mengatakan, PNS yang berminat untuk berinvestasi, boleh-boleh saja, sepanjang mampu mengatur penghasilan.

Sementara itu, Kepala BPM-PTSP Yummardius mengatakan pemahaman tentang bursa efek perlu diketahui masyarakat luas, karena merupakan salah satu alternatif dalam investasi masa depan.

Kita berharap, managemen PIPM Padang, lebih sering datang ke Payakumbuh untuk mensosialisasikan programnya," kata dia.

Sosialisasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di aula Balaikota tersebut tidak hanya dihadiri oleh PNS, tapi juga mahasiswa, pengusaha dan warga kota. (**/mko)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar