TDS DIJADIKAN AJANG PROMOSI POTENSI DAERAH DAN WSATA

id TDS DIJADIKAN AJANG PROMOSI POTENSI DAERAH DAN WSATA

Balap sepeda internasional Tour De Singkarak etape dua, Minggu (8/60, yang dimulai dari tugu Bonjol Kabupaten Pasaman melewat I sejumlah objek wisata sampai garis finis di SimpangAmpek, Kabupaten Pasaman Barat. Iven ini dijadikan sarana promosi potensi daerah dan wisata kepada dunia internasional.

Bupati Pasaman Barat, Bahruddin R didampngi Wakil Bupati, Syahrul Dt Marajo mengatakan etape dua ini selain ajang balapj uga melewati sejumlahobjek wisata.

Mulai star di Tugu Equator Bonjol Kabupatean Pasaman yang merupakan jalur katulistiwa. Setelah itu melewati objek wisata air panas rimbo Panti.

"Rute etape dua ini menempuh 123,5 kilometer dengan finis di halaman kantor bupati Pasaman Barat,"ujarnya.

Selain objek wisata rimbo panti yang merupakan daerah hutan lindung sarat dengan pohon-pohon besar dan lereng bukit yang masih hutan yang masih perawan. Lalu di Kilometer 45 dari titik start atau masih sekitar daerah Rimbo Panti akan mendapat lokasi wisata air panas para pembalap akan melintas areal ini.

Jalur pembalap sepeda berikutnya di KM 93 akan menemukan objek wisaya lereng GunungTalamau dengan ketinggian 2.982 meter.

Gunung Talamau mempunyai keunikan tersendiri yaitu pada puncaknya terdapat banyak telaga, dan umumnya jumlah telaga tersebut selalu berbeda-beda dan tidak selalu sama setiap dijumpai para pendaki. Jumlah yang umum terlihat adalah 13 telaga.

Selepas melewati lereng gunung talamau, para pembalap juga melewati objek wisata lubang jepang yang merupakan peninggalan saat perjuangan dahulu kalanya.

Selain potensi wisata yang menjadi ajang promosi daerah, juga potensi daerah Pasaman Barat seperti jagung dan kelapa sawit yang menjadi ikon Pasaman Barat ditingkat Sumbar dan nasional.

Diharapkan dengan iven TDS ini maka Pasaman Barat semakin dikenal di dunia internasional. Kita mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah bersama-sama menuyukseskan pelaksanaan TDS etape II lalu,tambah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Afrizal Azhar.

"Etape ini diikuti oleh 131 pembalasdari 17 negara.Jumlah tim keseluruhannya berjumlah 20 tim,"ujarnya. (Altas Maulana)