Tim Penilaian Nagari Berprestasi Sumbar Menilai Guguk Tabek Sarojo

id Tim Penilaian Nagari Berprestasi Sumbar Menilai Guguk Tabek Sarojo

Lubukbasung, Sumbar, (Antara Sumbar) - Sebanyak 12 orang anggota tim penilaian nagari berprestasi tingkat Sumatera Barat, melakukan penilaian Nagari Guguk Tabek Sarojo, Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agam, Selasa (13/5).

Ketua Tim Penilaian Nagari Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar 2014, Muklis, mengatakan, jumlah tim yang terlibat dalam penilaian ini sebanyak 12 orang yang berasal dari Polri, TNI, PKK, Dinkes Sumbar, DPD LPM Sumbar, Biro Pemerintahan Sumbar dan lainnya.

"Tim ini akan melihat jalan roda pemerintahan, pembangunan nagari, kesejahteraan masyarakat, kinerja dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan," katanya.

Dalam penilaian, tim membutuhkan data profil nagari mulai tahun 2012 sampai 2013. Setelah itu, melihat bidang pendidikan, bidang kesehatan, ekonomi, keamanan, ketertiban, partisipasi masyarakat, bidang pemerintahan dan lembaga.

"Saat penilaian, wali nagari dan ketua Bamus dimintak melakukan ekspos. Setelah itu wawancara dan meninjau ke lokasi.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri meminta kepada tim untuk jeli melihat potensi yang ada di Nagari Guguk Tabek Sarojo, sehingga daerah ini menjadi terbaik di tingkat Sumbar.

"Saya berharap Nagari Guguk Tabek Sarojo keluar sebagai nagari terbaik di tingkat Sumbar dan mewakili Sumbar tingkat nasional," katanya.

Nagari Guguk Tabek Sarojo, tambah bupati, merupakan nagari keempat yang maju penilaian nagari tingkat Sumbar semenjak orang nomor satu di Luak Agam memimpin sejak 2010.

Sebelumnya, Nagari Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua, Nagari Simarasok Kecamatan Baso dan Nagari Kapau Kecamatan Tilatang Kamang.

Dari tiga nagari ini, Nagari Sungai Pua dan Simarasok maju ke tingkat nasional dan menjadi yang terbaik. Sementara Nagari Kapau hanya keluar sebagai juara kedua.

"Saya berharap Nagari Guguk Sarojo keluar sebagai terbaik tingkat nasional nantinya," katanya. (ari)