BAZ Agam Himpun Dana Rp5,5 Miliar

id BAZ Agam Himpun Dana Rp5,5 Miliar

BAZ Agam

Lubukbasung, Sumbar, (ANTARA) - Badan Amil Zakat Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengumpulkan dana sebesar Rp5,5 miliar dari zakat, infaq, sedekah (ZIS).

"Perolehan dana yang persisnya Rp5.491.086.157 miliar ini berasal dari pegawai negeri sipil, perantau dan masyarakat," kata Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Agam Yandril di Lubukbasung, Jumat.

Menurut dia, dana ZIS yang dikumpulkan BAZ tersebut untuk banyak pihak. Seperti untuk keluarga fakir dan miskin, jompo dan mualaf. Selain itu juga membantu biaya melanjutkan pendidikan siswa dan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dia mengatakan, dana yang berasal dari ZIS itu disalurkan kepada para mustahik atau yang berhak menerimanya berupa bantuan yang bersifat konsumtif dan produktif.

"Melalui bantuan dana dari BAZ ini diharapkan dapat membantu para mustahik di setiap kecamatan," kata dia.

Dia menjelaskan, BAZ Agam telah menyerahkan bantuan sebesar Rp4,5 miliar kepada orang yang berhak mendapatkan dengan rincian, untuk ibnu sabil sebesar Rp1.270.234.400, bantuan beasiswa tingkat SD, SMP dan SMA sebesar Rp464.400.000, beasiswa untuk lulus Penulusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) Bidik Misi sebesar Rp97.750.000 dan lainnya.

Juga menyalurkan zakat konsumtif untuk imam dan garin masjid se-Kabupaten Agam serta warga cacat fisik saat bulan Ramadhan sebanyak 52 orang dengan jumlah dana sebesar Rp226 juta. (ari)
Pewarta :
Editor: Syafril Adriyansyah
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar