PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman)

id PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman)

Masyarakat Piaman yang suka merantau ke seluruh nusantara maupun manca negara mengisyaratkan bahwa mereka mempunyai wawasan yang luas dan dinamika yang tinggi, namun tetap senantiasa mencintai kampung halaman tanah kelahiran dan leluhurnya, meningkatkan partisipasi dan apresiasi dalam setiap aktifitas pembangunan, baik di perantauan maupun di kampung halaman, melalui kelompok-kelompok organisasi kekeluargaan dan lembaga sosial masyarakat (LSM). Warga masyarakat Piaman yang berada dalam naungan organisasi Persatuan Keluarga Daerah Piaman, sangat menyadari akan keberagaman bangsa Indonesia, dengan demikian warga Piaman yang suka merantau mempunyai tanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia serta membina dan menjalin hubungan yang harmonis sebagai warga bangsa dengan suku bangsa lainnya serta menciptakan kerukunan hidup antar umat beragama guna menjaga kerukunan nasional dimanapun berada. Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) mengemban tugas dan kewajiban meningkatkan sumber daya manusia para anggota dan kader-kader organisasi dalam menjawab berbagai tantangan, termasuk pengaruh globalisasi terhadap agama, adat dan budaya masyarakat lokal serta meningkatkan dan mempererat hubungan silaturahim, mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai budaya minang di rantau dan di ranah Minang. Mission Sosial kemasyarakatan dengan ciri kekeluargaan, kebersamaan, keswadayaan dan kekerabatan, yang berorientasi kepada kepedulian pembangunan ranah dan rantau dengan falsafah Barek Samo di Pikua, Ringan Jinjian Samo di Jinjiang.

Mewujudkan suasana kekeluargaan, kebersamaan, keswadayaan dan kekeraatan;

Meningkatkan SDM di rantau dan di ranah; Menciptakan peluang berusaha;

Melestarikan nilai-nilai agama dan adat.

PROGRAM UMUM; DEWAN PENGURUS PUSAT; PERSATUAN KELUARGA DAERAH PIAMAN; (DPP.PKDP) PERIODE 2008 2013

1.Program Umum PKDP (Persatuan Keluarga daerah Piaman) pada hakikatnya adalah upaya-upaya yang dilakukan oleh organisasi PKDP dalam bentuk aktifitas nyata guna mewujudkan tujuan organisasi.

2.Program Umum merupakan pokok-pokok program kerja PKDP yang ditetapkan oleh Musyawarah Besar (Mubes) PKDP yang bersifat mengikat dan harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran warga PKDP mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat paling bawah. 3.Pokok-pokok program umum ini disusun dalam konteks peran dan fungsi PKDP sebagai organisasi sosial dan kemasyarakatan yang berorientasi kepada peningkatan Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Masyarakat.

4.Pokok-pokok program umum ini merupakan kelanjutan, penyempurnaan dan peningkatan dari Program Kerja PKDP sebelumnya.

B.Maksud dan Tujuan

1.Maksud; Pokok-pokok program umum disusun dengan maksud untuk menentukan arah perjuangan PKDP dalam rangka mensejahterakan warga PKDP khususnya dan masyarakat Piaman pada umumnya, baik yang ada di perantauan maupun di kampung halaman.

2.Tujuan. Pokok-pokok program umum ini disusun dengan tujuan untuk menjadi pedoman dalam penyusunan pelaksanaan kegiatan PKDP secara terencana, terarah, terpadu dan berkelanjutan.

C.Landasan. Program umum secara nasional dari PKDP ini disusun berdasarkan pada:

1.Pancasila dan UUD 1945.

2.Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PKDP.

D.Ruang Lingkup Ruang lingkup program umum mencakup:

1.Peningkatan, pemantapan dan pengembangan organisasi PKDP secara profesional dengan program yang lebih menyentuh kepentingan masyarakat luas khususnya warga Piaman di perantauan dan kampung halaman (ranah).

2.Peran dan fungsi PKDP sebagai organisasi yang berorientasi kepada peningkatan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat yang bersifat independent.

E.Sasaran Program Sasaran program yang ingin dicapai oleh organisasi PKDP secara profesional dengan program yang telah diamanatkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PKDP akan sangat ditentukan oleh pelaksanaan program nantinya dan seberapa jauh sasaran yang dapat dicapai, baik ke dalam maupun ke luar selama 5 (lima) tahun mendatang, yaitu:

1.Sasaran Internal.

a.Meningkatkan profesionalisme organaisasi PKDP sebagai organisasi sosial yang berorientasi kepada peningkatan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat serta bersifat independent.

b.Sebagai motivator dan dinamisator kemajuan bangsa atas perubahan tata nilai akibat perkembangan masyarakat dengan adanya era globalisasi serta derasnya arus informasi dan teknologi.

c.Meningkatnya Sumber Daya Manusia (SDM) para anggota dan kader-kader organisasi PKDP dalam menjawab berbagai tantangan era global dalam berbagai hal, termasuk pengaruh globalisasi terhadap agama, adat dan budaya masyarakat lokal.

d.Pemantapan dan peningkatan peran organisasi PKDP dalam merekat hubungan silaturahim, mempertahankan dan mengembangkan adat budaya warga Piaman di rantau dan ranah.

2.Sasaran Eksternal.

a.Mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

b.Bersama komponen masyarakat lainnya bertekad bulat untuk memelihara stabilitas nasional yang dinamis dan komprehensif guna mendorong dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan dan mencapai cita-cita bangsa Indonesia.

Komentar