TSUNEISHI SHIPBUILDING Berhasil Membangun Kapal Curah Tipe 82,000-mt D/W sebagai Kapal Curah KAMSARMAX ke-200

id TSUNEISHI SHIPBUILDING Berhasil Membangun Kapal Curah Tipe 82,000-mt D/W sebagai Kapal Curah KAMSARMAX ke-200

HIROSHIMA, Jepang (Antara/Business Wire) -- Pada tanggal 7 Januari 2015, TSUNEISHI SHIPBUILDING Co., Ltd. (berpusat di Perfektur Hiroshima di Jepang) merampungkan pembangunan kapal curah tipe 82,000-mt D/W sebagai KAMSARMAX BC ke-200.

Situs KAMSARMAX BC

http://www.tsuneishi.co.jp/english/products/kamsarmax_sp/

Kapal tersebut -- dengan merek "KAMSARMAX", dengan desain awal dikembangkan oleh TSUNEISHI SHIPBUILDING -- merupakan kapal ke-200 dari model kapal yang sama yang diproduksi oleh perusahaan ini. Khusus dibangun oleh TSUNEISHI GROUP (ZHOUSHAN) SHIPBUILDING, Inc. (http://www.tsuneishi-zs.com/en/) di Tiongkok, kapal ini akan dikirimkan kepada pihak pembeli, KAMBARA KISEN Co., Ltd.

Kapal curah KAMSARMAX pertama dirampungkan pada Februari 2005. Tepat sembilan tahun, 11 bulan, dan 200 kapal kemudian, kapal curah KAMSARMAX menempati peringkat teratas sebagai 28%* kapal curah kelas 80.000 - 84.000 mt yang telah dibangun sejak tahun 2000 di seluruh dunia. Dengan terbitnya berbagai peraturan internasional dan peningkatan kualitas performa, seperti penghematan bahan bakar, telah mendongkrak popularitas kapal ini, sehingga menghasilkan lebih banyak pesanan untuk jenis kapal ini. Per akhir Desember 2014, jumlah pesanan yang diterima TSUNEISHI mendekati angka 300 unit, menjadikan KAMSARMAX sebagai kapal curah terlaris produksi TSUNEISHI SHIPBUILDING.

Kapal curah KAMSARMAX merupakan kapal pertama di industri maritim internasional yang mampu meningkatkan berat kosong kapal curah Panamax (kapal curah yang dimensi strukturalnya memungkinkan untuk melintasi Terusan Panama) dari kelas 70.000 mt menjadi lebih dari 80.000 mt, dan secara bersamaan berkontribusi terhadap peningkatan efisiensi transportasi kapal curah. Dengan semakin meningkatnya kebijakan efisiensi bahan bakar karena peningkatan sejumlah fitur yang mengurangi resistensi gelombang dan angin, model kapal ini telah sangat populer oleh banyak konsumen baik di Jepang maupun luar negeri.

Sejak merampungkan model desain pertamanya pada 2002, kami selalu mengikuti perkembangan peraturan internasional, sehingga selalu dapat mengembangkan produk yang tak hanya mematuhi berbagai regulasi terkini, tapi juga menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan para konsumen. Menjalin kerja sama studi kasus dengan institut riset Universitas Hiroshima dan Institut Teknologi Monohakobi, data-data diperoleh dari beragam tes menggunakan tangki penarik raksasa dan model skala 1/10 untuk mensimulasikan kondisi lautan sesungguhnya agar dapat memperoleh solusi optimal guna meningkatkan kapabilitas efisiensi energi dan performa tenaga penggerak kapal. Sejumlah fitur inovatif seperti MT-FAST (untuk meningkatkan efisiensi tenaga penggerak) dan SEAWORTHY (untuk mengurangi resistensi gelombang) telah diperkenalkan pada model KAMSARMAX 2006. Di 2010, model ini terus disempurnakan melalui teknologi baling-baling berefisiensi tinggi dan rendah getaran yang dikembangkan dengan teknologi TOP-GR yang, bersamaan dengan penyempurnaan bentuk lambung kapal, meningkatkan kapabilitas penggerak baling-baling, serta sebuah mesin yang sesuai dengan regulasi reduksi emisi NOx. KAMSARMAX 2012 adalah sebuah kapal yang menjadikan seluruh mesin yang dikendalikan secara elektronik standar pada seluruh produk TSUNEISHI SHIPBUILDING, termasuk fungsionalitas hemat bahan bakar.

Presiden TSUNEISHI SHIPBUILDING, Kenji Kawano, ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak: "Kami ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para konsumen dan pemasok kami atas dukungan luar biasa dari mereka sehingga memungkinkan kami untuk menciptakan 200 KAMSARMAX sejak 2005. Kami ingin mendedikasikan semangat dan energi grup pembangunan kapal kami yang berbasis di Jepang, Filipina, dan Tiongkok untuk mewujudkan efisiensi bahan bakar, performa mesin penggerak, dan kemudahan penanganan kargo di setiap kapal yang kami rancang dan ciptakan, sehingga membuka jalan dan memelopori industri maritim dunia."

* Jumlah kapal curah kelas 80.000 mt hingga 84.000 mt yang dibangun antara 2000 hingga 2014. Data oleh TSUNEISHI SHIPBUILDING yang didasarkan pada data dari Clarkson Shipping Data 2014/3rd Quarter.

Tentang TSUNEISHI SHIPBUILDING Co., Ltd.TSUNEISHI SHIPBUILDING Co., Ltd. adalah anak perusahaan dari TSUNEISHI GROUP. TSUNEISHI GROUP didirikan di perfektur Hiroshima, Jepang, 112 tahun lalu dan bisnis utamanya adalah pembangunan kapal dan pengiriman. TSUNEISHI SHIPBUILDING membangun sekitar 60 kapal per tahun, terutama kapal curah kelas 30.000 ton hingga 180.000 ton, di Tsuneishi Factory, dan dua pabriknya yang terletak di Filipina dan Tiongkok.

URL: http://www.tsuneishi.co.jp/english/ Photos/Multimedia Gallery Available: http://www.businesswire.com/multimedia/home/20141225005033/en/

Kontak

TSUNEISHI HOLDINGS CORPORATION

Ms. Ayako Shimizu, +81 84 987 4915

Marketing Communication Dept.

pr@tsuneishi.com

Sumber: TSUNEISHI SHIPBUILDING Co., Ltd.