Pagelaran Opera Ande Ande Lumut di Negeri Para Dewa

id Pagelaran Opera Ande Ande Lumut di Negeri Para Dewa

London, (Antara) - Opera Ande Ande Lumut, kisah rakyat yang berhasal dari Jawa yang dikenal dengan Kleting Kuning berhasil menarik perhatian sekitar 300 penonton dalam acara pagelaran seni budaya Indonesia di Teater Knossos, Athena, Yunani.

Dalam acara pagelaran seni budaya Indonesia juga ditampilkan tarian tradisional seperti tari Gandrung, Jaipong, Saman dan orchestra angklung yang memainkan lagu popular Yunani dan lagu traditional Indonesia, demikian Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Athena, John Admiral kepada Antara London, Selasa.

Acara yang dihadiri masyarakat Indonesia dan friends of Indonesia diadakan masyarakat Indonesia di Yunani yang tergabung dalam paguyuban Ikatan Kerukunan Keluarga Indonesia di Yunani (IKKIY) bekerjasama dengan KBRI Athena. Duta Besar RI di Athena Benny Bahanadewa juga nampak hadir.

Dalam sambutan pembukaan Dubes Benny Bahanadewa menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan acara tersebut dan menegaskan bahwa kegiatan ini memperkuat promosi seni budaya Indonesia di Yunani.

Sementara Ketua IKKIY, Sutarno, menyampaikan bahwa acara ini merupakan ajang ekspresi kreasi dan bakat seni budaya masyarakat Indonesia di Yunani sekaligus untuk mempertahankan nasionalisme kecintaan terhadap seni budaya Indonesia dan memperkuat silaturahmi antarpara perantauan di Yunani.

John Admiral mengatakan IKKIY adalah organisasi warga Indonesia yang tinggal di Yunani yang aktif dalam kegiatan sosial budaya. Walaupun tidak memiliki latar belakang pendidikan dan pekerjaan terkait seni, namun dengan bakat, semangat dan kemauan yang kuat, mampu menampilkan pagelaran seni budaya Indonesia dengan baik.

IKKIY dan KBRI Athena secara rutin menyelenggarakan pagelaran seni budaya Indonesia selain untuk promosi seni budaya Indonesia di Yunani, juga sebagai pembinaan bakat seni dan nasionalisme WNI di Yunani yang berjumlah sekitar 1000 orang.

Acara pentas seni budaya Indonesia pada akhir pekan itu berhasil meninggalkan kesan mendalam bagi keluarga besar IKKIY yang memenuhi Teater Knossos, Athena. (*/sun)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar