BAZ Padang Panjang Terima Infak dan Sedekah

id BAZ Padang Panjang Terima Infak dan Sedekah

Padang Panjang, (Antara) - Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) tidak saja menerima zakat dari mustahik atau pemberi zakat, namun juga menerima infak dan sedekah pada 2015.

"Mulai tahun ini, BAZ juga menerima infak dan sedekah dari masyarakat selain zakat," kata Ketua Harian BAZ Kota Padang Panjang Rafles Sama di Padang Panjang, Senin.

Penerimaan infak dan sedekah tersbut kata dia, merupakan menambahan program BAZ Padang Panjang selain yang sudah ada selama ini.

"Kami dari terus berinovasi untuk memberantas kemiskinan melalui berbagai program yang ada pada BAZ Padang Panjang ini," ujarnya.

Sebagai media dalam menyalurkan infak dan sedekah bagi masyarakat, BAZ Padang Panjang sudah menyiapkan kotak amal yang akan ditempatkan disejumlah lokasi yang strategis.

"Kotak amal itu nantinya akan ditarok di lokasi keramaian, seperti Pasar, rumah makan, Masjid, dan lainnya," katanya.

Selain kotak, BAZ Padang Panjang juga memberlakukan beberapa mekanisme bagi masyarakat yang akan menyalurkan infak dan sedekahnya.

"Kita menerapkan mekanisme seperti, dikirim langsung melalui rekening, menjemput langsung kepada masyarakat yang akan berimfak dan ada juga yang langsung mengantarkan uang tunai ke kantor BAZ," kata dia.

Untuk penyaluran infak dan sedekah itu sendiri kata dia, adalah dalam memajukan program Padang Panjang syiar. " Ada sejumlah kegiatan keagamaan yang bisa dibantu melalui program Padang Panjang syiar seperti, khatam Quran, tabligh akbar dan lainnya," katanya.

Selain Padang Panjang syiar, BAZ Kota Padang Panjang juga memiliki sejumlah program dalam menyalurkan zakat selain infak dan sedekah.

"BAZ akan menyalurkan zakat melalui sejumlah program seperti, ekonomi produktif, Padang Panjang Cerdas, Padang Panjang sehat dan Padang Panjang peduli," katanya.

Masyarakat Padang Panjang Zul Heri memberikan apresiasi kepada BAZ yang sudah menambah programnya untuk memberantas kemiskinan di daerah itu.

"Ini merupakan terobisan yang baik dilakukan oleh BAZ, sudah seharusnya kita dukung untuk menjadikan Padang Panjang maju, makmur dan sejahtera kedepannya," katanya. (**/ben)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar