Pemkot Padang Komit Selesaikan Transformasi Keuangan KJKS-BMT

id Pemkot Padang Komit Selesaikan Transformasi Keuangan KJKS-BMT

Padang, (Antara) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang berkomitmen untuk menyelesaikan transformasi keuangan pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Baitul Mat Tamwil (BMT).

Kepala BPMP-KB Kota Padang, Muji Susilawati, Senin, mengatakan hal itu merupakan langkah untuk penyelamatan keuangan negara.

Dikatakannya, di lapangan memang ditemukan pengurus Kelompok kerja (Pokja) Kredit Mikro Kelurahan (KMK) yang belum sepenuhnya menyerahkan dana KMK kepada pengurus KJKS BMT kelurahan.

Berdasarkan laporan, kata dia, dana KMK yang dikucurkan pada 50 kelurahan pada 2008 dan 2009 sebesar Rp15 miliar.

Sementara yang sudah diserahterimakan kepada KJKS-BMT kelurahan masih Rp4,2 miliar.

Sehingga diperkirakan dana yang masih berada di tangan Pokja KMK saat ini sebanyak Rp10,7 miliar yang terbagi di masing kelurahan pada tujuh kecamatan.

"Dana tersebut akan diserahterimakan bagi KJKS-BMT kelurahan untuk penambahan dana bagi pertumbuhan KJKS ke depannya," kata dia.

Dia menybutkan, ada beberapa langkah dalam upaya penyelamatan uang negara yang masih berada pada Pokja KMK, di antaranya melalui sosialisasi transformasi Pokja KMK menjadi KJKS BMT kelurahan.

Kemudian, membentuk rapat koordinasi dengan pihak terkait di tingkat kelurahan dan kecamatan pada minggu pertama dan kedua setiap bulannya, memfasilitasi dan melakukan pendampingan kepada Pokja KMK kelurahan dalam serah terima dana.

Selanjutnya, memberikan teguran dan pemanggilan bagi pihak yang terkait dengan persoalan dana KMK.

"Jadi, dengan masih menyisakan dana sebanyak Rp10,7 miliar lagi, kita akan terus menyelesaikannya secepatnya," kata dia. (**/mar)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar