HM Prasetyo Jadi Jaksa Agung

id HM Prasetyo Jadi Jaksa Agung

Jakarta, (Antara) - HM Prasetyo, mantan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM Pidum) yang juga politisi Partai Nasdem, akhirnya ditunjuk menjadi Jaksa Agung Republik Indonesia.

Dari perjalanan karirnya, HM Prasetyo lama berkecimpung di bidang intelijen dan pernah menjabat sejumlah jabatan di beberapa kejaksaan tinggi di Tanah Air hingga akhirnya menghantarkannya menjadi eselon 1 di Kejagung, yakni, JAM Pidum (2005-2006).

Selepas sebagai JAM Pidum, dirinya berkecimpung di dunia politik dan menjadi Anggota Dewan Pertimbangan DPP Ormas Nasdem sejak 2011.

Kendati sejumlah penggiat anti korupsi di tanah air, menolak terpilihnya HM Prasetyo sebagai jaksa agung, namun Presiden RI Joko Widodo tetap menunjuknya dan dilantik pada Kamis (20/11).

Penggiat antikorupsi khawatir dunia hukum akan dibawa ke ranah politik karena HM Prasetyo berasal dari Partai Nasdem.

HM Prasetyo menyelesaikan pendidikannya pada Fakultas Hukum Universitas Lampung-UI (1971) dan SMA Negeri Bojonegoro Jawa Timur (1965).

Saat ini, publik menunggu gebrakan apa yang akan dilakukan oleh HM Prasetyo yang menggantikan jaksa agung sebelumnya, Basrief Arief yang telah berakhir masa kerjanya seiring berakhirnya masa kerja Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II.

Penunjukkan HM Prasetyo memang terhitung lama pasca pelantikan Kabinet Kerja pada 27 Oktober 2014, dan selama itu juga Korps Adhyaksa dipimpin oleh Plt Jaksa Agung, Andhi Nirwanto yang menjabat sebagai Wakil Jaksa Agung. (*/jno)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar