Menparekraf Luncurkan Buku "Perjalanan Tenun Merdi Sihombing"

id Menparekraf Luncurkan Buku "Perjalanan Tenun Merdi Sihombing"

Menparekraf Luncurkan Buku "Perjalanan Tenun Merdi Sihombing"

Menparekraf Mari Elka Pangestu. (Antara)

Jakarta, (Antara) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu meluncurkan buku "Perjalanan Tenun Merdi Sihombing" yang diharapkan mampu menjadi referensi dan inspirasi kreatif bagi perancang busana, industri mode, dan masyarakat.

Menparekraf Mari Elka Pangestu di Alun-Alun Grand Indonesia Jakarta, Selasa, mengatakan seiring kebijakan pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kreatif secara operasional telah membuat industri kreatif berkembang sangat pesat, dan menjadi daya tarik bagi berbagai pihak untuk menyemarakkannya.

"Kreativitas harus dimiliki oleh sejumlah profesional seperti seniman, desainer, dan pekerja kreatif. Merdi Sihombing salah satu yang terus konsisten dalam melakukan itu semua melalui karya nyata dalam buku Perjalanan Tenun," kata Mari.

Ia menegaskan Merdi Sihombing termasuk satu dari sekian banyak insan kreatif yang bergerak di bidang "fashion desainer" yang mampu menangkap peluang besar industri kreatif yang saat ini terus berkembang.

Mari berharap buku itu akan benar-benar mampu memberikan masukan dan inspirasi kreatif dan inovatif bagi desainer, industri mode, dan masyarakat secara umum.

"Pemanfaatan kekayaan budaya lokal dalam dunia mode akan membuat Indonesia semakin dikenal karena keunikan dan keunggulan di bidang 'craft fashion' di mata dunia," ujarnya.

Merdi Sihombing sendiri merupakan salah satu desainer asal Batak yang sukses menyelesaikan Buku Perjalanan Tenun dari barat ke timur Indonesia.

Ia telah mengakrabi tenun selama 10 tahun termasuk mengenal, mengeksplor, dan mengaplikasikan dalam kehidupan modern dari kesederhanaan masyarakat di pelosok Tanah Air.

"Mimpi saya, produk tenunan dengan pewarnaan alam dapat dihidupkan kembali, melalui para penenun yang telah terdidik dan sejahtera," ucap Merdi.

Ia menggelar pameran sejak 9 Agustus hingga 1 September 2014 dalam Pameran Tunggal 1 Dekade Merdi Sihombing di Alun-Alun Indonesia dengan tema Batak dan Indigo Blue, Baduy, Alor dan Ndao NTT, Kalimantan, dan Papua.

Acara peluncuran buku "Perjalanan Tenun Merdi Sihombing" dihadiri sejumlah anggota DPR, duta besar negara sahabat, para pejabat Kemenparekraf, serta kalangan pencita kain, pencinta mode Indonesia, serta para pelaku ekonomi kreatif lainnya. (*/jno)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar