Cirebon (ANTARA News) - Wilayah Cirebon, Jawa Barat, akan dilanda hujan lebat, angin kencang dan petir pada hari Selasa (21/11) dengan durasi singkat, kata Prakirawan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi.

"Ada potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir dengan durasi singkat kurang lebih satu jam," kata Prakirawan Cuaca BMKG Jatiwangi, Ahmad Faa Iziyn saat di hubungi melalui telepon seluler, Selasa.

Menurutnya potensi hujan disertai angin kencang itu hampir menyeluruh di wilayah Jawa Barat, termasuk wilayah Cirebon yang meliputi Kabupaten/Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan pada hari Selasa (21/11).

Dia mengatakan hujan lebat yang terjadi berkisar diatas 20 mm per jam, atau diatas 50 mm per hari dan ini harus diwaspadai masyarakat yang berada di daerah pegunungan rawan longsor.

"Selain itu juga perlu diwaspadai daerah yang menjadi langganan banjir," tuturnya.

Faa Iziyn menambahakan selama musim hujan ini potensi puting beliung itu juga ada yaitu berasal dari awan hujan yang bewarna hitam keabuabuan atau disebut Cumulonimbus.

"Jika melihat awan seperti ini dan awan ini dalam kondisi yang jenuh serta labil bisa menimbulkan puting beliung," tuturnya.

"Dan dengan ciri anginnya berbentuk corong kebawah/belalai gajah yang bergerak dan biasanya terjadi dalam waktu singkat yaitu dua hingga 10 menit," katanya lagi.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017