Makassar (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyampaikan pesan Bung Karno kepada bangsa ini, pada saat dia memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan, di Makassar, Jumat.

"Setelah kemerdekaan diraih, maka tahap selanjutnya adalah kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara, yakni berdaulat, adil dan makmur," kata dia.

"Apabila kita mampu bersatu sebagai bangsa, maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah bagi seluruh masyarakat Indonesia," kata dia.



Dia menyatakan, pesan Bung Karno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Kalimat ini memiliki makna yang besar sangat mendalam bagi bangsa Indonesia.

Pertempuran pada 10 November 1945 di Surabaya adalah peristiwa yang memperlihatkan pada dunia internasional betapa segenap rakyat dari berbagai suku, ras, agama dan budaya bersatu.

"Kita bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak, menyerahkan hidup dan raga untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia," katanya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017