Jakarta (ANTARA News) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan seorang tewas dan tiga luka berat akibat pohon tumbang di wilayah Alun-alun Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu.

"Hujan lebat disertai angin kencang telah menyebabkan pohon-pohon tumbang di wilayah Banjarnegara," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan.

Dia mengatakan pohon beringin besar di alun-alun Kota Banjarnegara tumbang pada Rabu pukul 13.00 WIB.

Kejadian tersebut, kata dia, dikarenakan hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Karena cuaca itu membuat pohon beringin tua di tengah alun-alun tumbang.

"Tumbangnya menimpa orang-orang yang sedang berteduh di bawahnya dan menewaskan serta melukai sejumlah korban," kata dia.

Sutopo mengatakan sejumlah tindakan telah dilakukan oleh otoritas setempat seperti oleh TRC BPBD bersama unsur lain berupaya mengevakuasi korban selamat terlebih dahulu.

"Dari evakuasi itu berhasil diselamatkan tiga korban tertimpa pohon. Luka parah kaki patah," kata dia.

Sementara itu, kata dia, personel terlibat BPBD, TNI, Polri, PMI, MMDC Lazismu, SAR PGRI, Sarkab Pramuka, DPU Baru Bangkit dan Satpol PP turut turun ke lokasi insiden.

"Dua alat berat backhoe dan satu traktor dikerahkan. Bupati Banjarnegara memimpin langsung evakuasi korban," kata dia.

(T.A061/Y008)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017