Kamis, 24 Agustus 2017 - 2 Zulhijjah 1438 H

Pengamat: Anies Baswedan Pantas Dampingi Jokowi

Jakarta, (Antara) - Pengamat politik dari CSIS J Kristiadi menyatakan tokoh pendidikan Anies Baswedan bisa menjadi bakal cawapres dan pantas mendampingi bakal capres dari PDIP Jokowi.

"Jokowi punya platform revolusi mental yang pada intinya membangun watak dan karakter, kuncinya ada di pendidikan kalau begitu. Sekarang siapa yang paling mumpuni soal pendidikan, hanya Anies Baswedan," katanya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Kristiadi, Anies yang juga Rektor Universitas Paramadiona merupakan tokoh paling pas mendampingi Jokowi mewujudkan revolusi mental itu.

Selain itu, katanya, Anies kompeten dan diterima oleh semua partai.

"Anies tak hanya mampu mendampingi Jokowi dari aspek pendidikan sebagai penyokong utama platform Jokowi namun juga pada sisi kebekuan politik yang terjadi selama ini," katanya.

Ia mengatakan ssaat ini yang ditunggu rakyat adalah partai mewadahi kepentingan umum, tidak hanya kepentingan kelompok.

"Dengan mencalonkan Anies sebagai bakal cawapres PDIP akan menegaskan sikapnya mewadahi kepentingan umum," ujar Kristiadi.

Ia mencontohkan saat kemunculan Mahathir Mohammad di Malaysia dahulu yang bukan berasal dari elit partai.

PDIP, katanya, bisa mengambil langkah serupa di tengah kebekuan politik antarparpol dengan mengusung bakal cawapres nonparpol.

Mengenai keikutsertaan Anies Baswedan dalam konvensi capres Partai Demokrat, Kristiadi mengatakan sekarang konvensi sudah selesai, dia juga bukan kader partai, dan sebenarnya secara etika politik tidak ada masalah dia berpasangan dengan Jokowi. (*/sun)

Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Desca Lidya Natalia
     "Jadi Pak ni kalau mau jujur Pak, Saya sampek bilang 'Pak boleh gak sih saya ngomong? KPK itu independen apa ...
Baca Juga