Dinas Pendidikan Pasaman Latih Kompetensi Guru PAUD

id Dinas Pendidikan Pasaman Latih Kompetensi Guru PAUD

Lubuk Sikaping, Sumbar, (Antara) - Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman, Sumbar memberikan pelatihan kompetensi terhadap guru PAUD untuk meningkatkan mutu dan profesionalitas tenaga pendidik anak usia dini di daerah itu.

Kepala Bidang PAUD, Dinas Pendidikan Pasaman Noviarthias, Kamis, mengatakan dalam upaya tersebut melibatkan partisipasi ratusan pengurus dan ibu asuh dari berbagai PAUd di Pasaman

"Para guru itu kita berikan pembinaan tentang tata cara pengelolaan PAUD yang baik dan benar sehingga mampu meningkatkan kemajuan dunia Pendidikan terkhusus bagi anak usia dini," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini jumlah lembaga PAUD di Kabupaten Pasaman mencapai 280 lembaga dan sudah melebihi target dari program satu Jorong satu PAUD sebanyak 209 jorong yang sebelumnya dicanangkan Pemkab setempat.

Bahkan, untuk tenaga pendidik PAUD di Kabupaten Pasaman terkini berjumlah sekitar 900 orang, dengan literature kependidikannya yang beragam.

Dari sekian banyak guru Paud yang tersebar pada 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman sebanyak 20 persen diantaranya sudah memiliki gelar Sarjana.

"Tingkat pendidikan SMA menjadi yang terbanyak untuk mengelola dan mengembangkan Paud di Pasaman. Disamping itu juga banyak S-1 sekitar 20 persen, terangnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Pasaman juga telah menyiapkan insentif sebagai reward bagi sejumlah tenaga pendidik PAUD berprestasi di daerah tersebut.

Insentif yang diberikan kepada guru-guru PAUD yang berprestasi nominalnya bervariasi, tergantung kategori.

"Untuk kategori A, B, dan C masing-masing mendapatkan sebesar Rp.200 ribu dan Rp. 100 Ribu. Semua itu bersumber dari dana APBD,"ujarnya. (zik)
Pewarta :
Editor: Mak_iki
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar