Pertamina prediksi lonjakan konsumsi BBM di Sumbar H-7 Idul Fitri

id Sumbar,Pertamina,BBM,bbm sumbar,padang

Pertamina prediksi lonjakan konsumsi BBM di Sumbar H-7 Idul Fitri

Gubernur Sumbar Mahyeldi menempel stiker Satgas Rafi mobil tangki dari IT TBBM Teluk Kabung. ANTARA/HO-Pertamina

Padang (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Sumbagut memprediksi lonjakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan LPG di Sumatera Barat (Sumbar) terjadi pada H-7 Idul Fitri 1444 Hijriah.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar, di Padang, Selasa, mengatakan untuk produk pertalite diprediksi akan terjadi kenaikan konsumsi sebesar 29 persen dari rerata harian normal menjadi 2.331 kiloliter per hari.

Sementara untuk bahan bakar jenis pertamax kenaikan konsumsi di 53 persen menjadi 459 kiloliter per hari.

Sedangkan solar subsidi diperkirakan mengalami penurunan konsumsi sebesar 16 persen dari harian normal menjadi 1.066 kiloliter per hari

“Penurunan konsumsi dikarenakan angkutan logistik mulai libur jelang Idul Fitri,” kata dia lagi.

Pertamina juga memprediksi lonjakan kebutuhan bahan bakar pesawat avtur yang naik 16 persen dari rerata harian normal 70 kiloliter per hari menjadi 81 kiloliter per hari.

Untuk kebutuhan LPG, pihaknya juga mengantisipasi jika terjadi kenaikan karena adat orang Sumbar ketika berkumpul saat libur Idul Fitri, pihaknya akan meningkat konsumsi dari rerata harian normal 360 metrik ton per hari menjadi 392 metrik ton.

Ia memastikan kesiapan Pertamina dalam menyambut arus mudik ke Sumbar, dan untuk memastikan tata kelola distribusi dan pasokan energi di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dimana membentuk tim Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2023 yang sudah mulai bertugas pada 1 April sampai dengan 2 Mei 2023.

Dia mengatakan stok dan penyaluran BBM dan LPG Pertamina saat ini dalam kondisi aman dan berjalan lancar.

Sarana dan fasilitas penerimaan dan penyaluran di IT Teluk Kabung, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau dan lembaga penyalur serta subpenyalur dalam kondisi baik dan siap untuk melayani.

"Kami menjamin stok BBM dan LPG aman selama Ramadhan dan Idul Fitri. Kami akan memastikan kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik di Sumbar," kata dia lagi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pertamina memprediksi lonjakan konsumsi BBM di Sumbar H-7 Idul Fitri