Kendati Ada Perbaikan Trotoar, Bukittinggi Pastikan Jalur TdS Bersih Pada H-2

id TdS

Kendati Ada Perbaikan Trotoar, Bukittinggi Pastikan Jalur TdS Bersih Pada H-2

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/ama/17)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, memastikan jalan yang dilalui para pebalap peserta balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2017 bersih selambatnya dua hari sebelum etape IX berlangsung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat, Oktavianus di Bukittinggi, Senin (20/11), mengatakan saat ini di daerah itu sedang berlangsung pekerjaan perbaikan trotoar di sejumlah ruas jalan salah satunya Jalan Sudirman yang masuk jalur TdS dan lokasi finis.

Pekerjaan perbaikan trotoar tersebut tidak bisa dipaksakan selesai sebelum TdS berlangsung di Bukittinggi atau sebelum 26 November 2017 meski telah dilakukan penambahan jumlah pekerja sebanyak 25 orang.

"Ada jadwal kerjanya yaitu sampai Desember 2017. Jadi saat akan berlangsung balapan kita berhenti dulu, dibersihkan dulu. Mana yang sudah lebih dulu selesai juga langsung dibersihkan," tambahnya.

Ia memastikan dua hari sebelum balapan, jalur yang dilalui dibersihkan hingga tidak ada kerikil di jalan yang dapat mengganggu balapan.

Sementara untuk tanggul dan lubang yang ada di jalan saat ini sedang dipantau untuk dibongkar dan ditambal.

"Sekarang tim kami sedang keliling memantau jalur-jalur itu. Kalau ada laporan langsung ditindaklanjuti," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat, Erwin Umar mengatakan ada 37 lubang di sepanjang jalur TdS di Bukittinggi.

"Kami sudah laporkan ke Dinas PU dan minta segera dibenahi," lanjutnya.

Selain pekerjaan trotoar, di daerah itu juga terdapat pekerjaan galian pipa PDAM yang merupakan kegiatan dari balai di pemprov.

"Galian pipa sudah kami laporkan ke pemprov dan pihak balai yang bekerja bertanggungjawab bahwa pekerjaan itu selesai sebelum TdS berlangsung di Bukittinggi," jelasnya.

Etape sembilan TdS 2017 di Bukittinggi di antaranya akan melalui Jalan Veteran, Simpang Tembok, Jalan A Yani, Jam Gadang, Jalan Sudirman, Jalan M Yamin, Jalan Sutan Syahrir, dan Tugu Polwan. (*)