Disdik Sijunjung Tingkatkan Kompetensi Pengelola Perpustakaan Jenjang SMP

id #Perpustakaan #Sijunjung

Disdik Sijunjung Tingkatkan Kompetensi Pengelola Perpustakaan Jenjang SMP

Pembukaan Diklat peningkatan kompetensi tenaga perpustakaan tingkat SMP di Sijunjung. (cc)

Muaro, (antara Sumbar) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan pendidikan dan latihan (Diklat) peningkatan kompetensi pengelolaan perpustakaan sekolah di jenjang SMP, sehingga diikuti sebanyak 40 orang guru SMP se-Kabupaten Sijunjung yang terpilih dan memenuhi persyaratan mengikuti kegiatan tersebut.

Pelakasanaan kegiatan berlangsung Diklat di Aula Perpustakaan dan Kearsipan, Senin, bertindak sebagai pembicara di antaranya Kepala Pusat Diklat Perpustakaan Nasional RI, Kepala Kearsipan Perpustakaan Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Sekretaris, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung dan para peserta Diklat.

Dalam laporan panitia yang disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Novi Andri mengatakan diklat ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada pengelola pustaka sekolah, agar pustakawan maupun pustakawati memperoleh ilmu yang cukup dalam mengelola pustaka sekolah yang pada akhirnya akan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh warga sekolah dalam pemanfataan perpustakaan di sekolah.

Kegiatan berlangsung selama 12 hari mulai 20 November hingga 2 Desember 2017, dengan narasumber dari Pusdiklat PNRI, Dinas Kearsipan Perpustakaan Provinsi Sumbar, IPI Sumbar dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung.

Sambutan Bupati Sijunjung yang dibacakan Sekretaris Daerah Zefnihan Ap memaparkan, diklat peningkatan perpustakaan sekolah di jenjang SMP merupakan amanat dari peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2008 tentang standar tenaga perpustakaan sekolah/madrasah.



Ia berharap kepada seluruh peserta diklat dapat menjadi kepala perpustakaan sekolah dan mengelolah pustaka sekolah dengan professional, kepada narasumber dimohon untuk memberikan ilmu-ilmu yang dapat mengantarkan calon kepala pustaka ini menjadi pengelola pustaka yang baik bagi pelayanan warga sekolahnya.***