DWP Pasaman Barat Gelar Penyuluhan Kesehatan Deteksi Kanker Surviks

id Dharma Wanita Pasbar

DWP Pasaman Barat Gelar Penyuluhan Kesehatan Deteksi Kanker Surviks

Ketua Darma Wanita Persatuan Pasaman Barat, Harnina Manus Handri saat penyuluhan di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Senin (20/11). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) gelar penyuluhan kesehatan reproduksi wanita khususnya upaya deteksi dini kanker serviks serta tips menghadapi masa menopause.

"Benar, penyuluhan ini sangat penting dalam rangka deteksi dini penyakit kanket serviks," kata Ketua Darma Wanita Persatuan Pasaman Barat, Harnina Manus Handri saat penyuluhan di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Senin (20/11).

Menurutnya penyuluhan tersebut digelar dalam rangka pertemuan bulanan anggota DWP Pasaman Barat yang diikuti sekitar 200 orang anggota DWP dengan nara sumber dr. Havis Yuad, S.POG.

Penyuluhan yang diselenggarakan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT DWP ke-18 yang jatuh pada tanggal 9 Desember mendatang.

Ia menyebutkan penyuluhan kanker serviks dan tips menghadapi masa menopause juga upaya pencapaian target pemeriksaan IVA test bagi anggota DWP dan ASN perempuan di Pasaman Barat.

"Melalui kegiatan ini juga kita upayakan pencapaian target pemeriksaan IVA test bagi anggota DWP dan ASN perempuan di Pasaman Barat. Setelah penyuluhan ini selesai digelar, seluruh anggota DWP yang hadir akan langsung melakukan IVA test," ujarnya.

Saat ini kanker serviks masih menjadi penyebab tertinggi pada angka kematian kaum perempuan di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah pusat melalui instansi terkait telah menetapkan target pemeriksaan bagi kaum wanita usia subur untuk meminimilisir angka kematian yang diakibatkan oleh penyakit tersebut.

"Semoga penyuluhan ini dapat kita ambil manfaatnya untuk kemudian menjadi bahan evaluasi bagi kita bersama untuk mencegah terjadinya kanker serviks," katanya.

Nara sumber, dr. Hafiz Yuad mengatakan penyuluhan ini sangat penting dalam rangka antisipasi dan deteksi dini kanker serviks.

"Tentu bagi kaum perempuan masalah makanan harus diperhatikan. Biasakanlah pola hidup sehat dengan memperhatikan gizi," katanya.(*)