Pesilat Tapak Suci Pesisir Selatan Jalani Orientasi

id pesilat tapak suci

Pesilat Tapak Suci Pesisir Selatan Jalani Orientasi

Pimpinan Daerah Tapak Suci Pesisir Selatan, Syafridon memberikan sambutan pada pembukaan orientasi 18-19 November 2017 MTsM Lakitan, Lengayang ( Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Sebanyak 320 Pesilat Tapak Suci se-Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menjalani orientasi 18-19 November 2017 yang dipusatkan di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTsM) Lakitan, Lengayang.

"Selain berasal dari Kecamatan Lengayang, pesilat juga berasal dari beberapa kecamatan seperti Sutera dan Koto XI Tarusan," kata Pimpinan Daerah Tapak Suci Pesisir Selatan, Syafridon di Painan, Minggu.

Syafridon menyebutkan orentasi kali ini merupakan yang ketiga dilaksanakan dengan mengangkat tema "Membina Generasi Islami, Berprestasi dan Anti Narkoba".

Pelaksanaan orientasi dimaksud tidak hanya untuk mengasah kemampuan beladiri para pesilat namun juga memperkuat karakteristik masing-masing mereka.

"Islam, berprestasi dan anti narkoba kami upayakan tertanam pada diri masing-masing pesilat melalui orentasi kali ini," sebutnya.

Pembina Tapak Suci Pesisir Selatan, yang juga Kepala MTsM Lakitan, Aprisal menyebutkan sebagai penerus pembangunan bangsa dan negara, generasi saat ini tidak hanya dituntut berprestasi secara akademis namun juga non akademis.

Keberadaan kegiatan Tapak Suci di beberapa sekolah di daerah itu, katanya akan mendorong hal tersebut terwujud.

"Sebenarnya ada dua keuntungan dengan eksisnya Tapak Suci yang pertama bisa membuka peluang para pesilat untuk berprestasi dan yang kedua dengan prestasi itu secara tidak langsung akan mengenalkan nama sekolah dan daerah," katanya.

Sebelumnya, Pesilat Tapak Suci Pesisir Selatan yang menimba ilmu di MTsM Lakitan meraih satu medali emas, satu medali perak dan lima medali perunggu pada Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar se-Sumatera 4-6 Agustus 2017 di Kota Padang.

Selanjutnya, tiga pesilat tapak suci setempat yang merupakan mahasiswa STAI Balai Salasa memboyong dua perunggu dan satu perak pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Silat Tapak Suci Antar Perguruan Tinggi di Jawa Tengah 29 Maret-2 April 2017.

Sementara pada Kejuaraan Tapak Suci Putera Muhammadiyah Antar Pelajar Se-Sumatera Barat 21-23 September 2017 di Padang Panjang, pesilat daerah setempat meraih tiga emas, satu perak, dan empat perunggu.

Selain itu, Kontingen Pesilat Tapak Suci Pesisir Selatan juga meraih gelar atlet terbaik putri, terkait pencapaian itu usai kejuaraan Ketua TP-PKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni menjamu makan siang para atlet di rumah dinas bupati setempat. (*)