Daniel Whitehouse Terdepan di Etape Dua TdS 2017

id etape dua TdS

Daniel Whitehouse Terdepan di Etape Dua TdS 2017

Sejumlah pebalap melewati tanjakan pada etape kedua Tour de Singkarak 2017, di Sitinjau Laut, Padang, Sumatera Barat, Minggu (19/11). Sebanyak 101 pebalap dari 19 tim berpacu pada etape kedua dengan rute Pantai Carocok, Painan, Kab.Pesisir Selatan menuju Sawahlunto sejauh 155,9 kilometer. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/ama/17.

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Daniel Whitehouse finish tercepat pada Tour de Singkarak (TdS) 2017 etape kedua dari Pantai Carocok Painan Pesisir Selatan dan finish di Lapangan Segitiga Sawahlunto, Minggu, dengan catatan waktu 04:03:03 untuk menempuh jarak 156 km.

Kemenangan pebalap yang memperkuat tim CCN Laos ini diraih dengan susah payah karena sebelum finis harus bersaing dengan dua pebalap Tabriz Shahrdary Team Iran yang di antaranya juara tiga kali TdS, Ghader Mizbani yang dikenal sebagai raja kejuaraan di Sumatera Barat.

"Hasil yang luar biasa bagi saya. Ini tidak mudah lintasan cukup menantang. Apalagi saya harus bersaing dengan pebalap yang berpengalaman," kata Daniel Whitehouse usai perlombaan.

Mantan pebalap Terengganu Cycling Team ini memang harus bersaing ketat dengan dua pebalap Iran tersebut. Beruntung saja Daniel mampu lolos dari gesekan Ghader Mizbani dan kawannya. Dengan lolos kecelakaan tersebut akhirnya mampu meraih kemenangan.

Meski sempat jauh, dua pebalap Iran Khalil Khorshid dan Ghader Mizbani tetap mampu finish di urutan kedua dan ketiga. Catatan waktu yang dibukukan sendiri hanya terpauh tiga detik dibelakang sang pemenang.

Daniel mengaku tantangan di etape ini cukup berat dibandingkan etape pertama karena ada tiga titik sprint dan tiga titik tanjakan atau KOM. Kondisi ini membuat persaingan ketat dan membutuhkan waktu yang panjang untuk mencapai finish di Sawahlunto.

"Yang jelas saya senang dengan hasil ini. Semoga hasil bagus bisa saya raih untuk balapan berikutnya," kata pebalap dengan nomor start 115 ini.

Sementara itu dalam sepuluh besar pebalap tercepat ada tiga pebalap Indonesia yang masuk yaitu Aiman Cahyadi dari Sapura Pro Cycling Team dengan catatan waktu 04:10:47 dan dua pebalap KFC Cycling Team, Agung Ali Sahbana dan Jamal Hibatulloh.

Balapan etape dua ini tergolong cukup berat mengingat jaraknya cukup jauh. Namun, pada balapan yang didukung oleh Kementerian Pariwisata ini menghadirkan pemandangan yang indah hingga wisata kota tua seperti Sawahlunto. Kondisi ini membuat pebalap menikmati perjalanan meski sempat diguyur hujan.

Dengan kemenangan Daniel Whitehouse maka belum ada pebalap yang dominan di TdS 2017 karena etape pertama dari Istana Basa Pagaruyung ke Pantai Padang dimenangkan oleh pebalap asal Jerman, Robert Muller. (*)