Robert Muller Juara Etape Pertama TdS 2017, Indonesia Nomor Tiga

id TdS

Robert Muller Juara Etape Pertama TdS 2017, Indonesia Nomor Tiga

Warga Padangpariaman menyaksikan para pebalap Tour de Singkarak (TdS) Etape I ketika melintasi daerahnya, Sabtu (18/11). (ANTARA SUMBAR/Aadiaat MS)

Padang, (Antara Sumbar) - Pebalap asal Jerman, Robert Muller menjuarai etape pertama kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2017 dari Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar dan finis di Pantai Padang, Kota Padang, Sabtu.

Andalan tim Embrace The World Cycling ini membukukan catatan waktu 02:32:48 untuk menempuh 109,3 km. Posisi dua direbut Paerapol Chawchiangkwang dari Thailand Continental Cycling Team dengan waktu 02:32:48 dan peringkat tiga pebalap Indonesia, Jamal Hibatulloh dari KFC dengan waktu 02:32:52.

Bagi Robert, kemenangan yang diraih pada etape pertama kejuaraan yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata ini begitu istimewa karena diraih saat dirinya bersama tim pertama kali turun dibalapan di Ranah Minang ini.

"Saya cukup senang bisa tampil di sini. Apalagi langsung menjadi juara pada salah satu etape yang dilombakan. Ini adalah percapaian tim," kata Robert Muller saat dikonfirmasi usai balapan.

Tiga pebalap yang masuk finis diurutan depan memang mengebrak sejak awal perlombaan. Bahkan setelah dilepas di Istano Basa Pagaruyung langsung memisahkan diri dengan pebalap yang masuk rombongan besar. Saling bergantian memimpin dilakukan hingga menjelang finis.

Pebalap dengan nomor start 122 langsung berteriak setelah mampu memenangkan adu sprint dengan pebalap dibelakangnya. Kondisi ini membuat penonton bertepuk tangan melihat perjuangan ketiga pebalap terdepan menggapai garis finis.

Dibelakang ketiga pebalap tersebut ada rombongan kedua yang dipimpin oleh pebalap senior yang juga tiga kali juara TdS, Ghader Mizbani. Perlawanan pebalap asal Iran ini memang menjadi pantauan khusus bagi semua pebalap kaena kemampuannya masih diunggulkan.

Tidak hanya Robert. Pebalap peringkat kedua dan ketiga juga tidak kalah senangnya karena baru pertama kali turun sudah mampu naik podium. Apalagi persaingan untuk meraihnya sangat ketat.

"Ini balapan pertama saya di TdS. Hasilnya cukup bagus untuk mengawali balapan ini. Semoga kedepannya jauh lebih baik. Balapan masih panjang," kata Jamal Hibatulloh saat dikonfirmasi usai balapan.

Setelah menyelesaikan etape pertama, semua pebalap yang finis akan melanjutkan balapan ke etape dua dari Paninan Pesisir Selatan menuju Sawahlunto, Minggu (19/11) dengan jarak tempuh 156 km. Etape ini dinilai cukup berat karena kombinasi jalan datar dan tanjakan yang cukup tinggi. (*)