Rupiah Kamis Pagi Menguat

id Rupiah

Rupiah Kamis Pagi Menguat

(FOTO ANTARA/Ismar Patrizki)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis pagi, bergerak menguat sebesar 18 poin menjadi Rp13.517 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.535 per dolar Amerika Serikat.

"Mata uang rupiah terapresiasi terhadap dolar AS seiring data neraca perdagangan Indonesia yang surplus," kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (16/11).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Oktober 2017 surplus 900 juta dolar Amerika Serikat (AS). Secara kumulatif pada periode Januari-Oktober 2017, neraca perdagangan Indonesia membukukan surplus 11,784 miliar dolar AS.

Ia mengatakan bahwa kinerja neraca perdagangan Oktober 2017 yang positif itu diharapkan dapat terus mendorong perkembangan dan perbaikan prospek pertumbuhan ekonomi nasional.

Di sisi lain, lanjut dia, tingkat pengangguran di dalam negeri yang menurun juga diresppon positif pelaku pasar, data itu menunjukan perbaikan ekonomi nasional. BPS mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Agustus 2017 sebesar 5,50 persen dari jumlah angkatan kerja atau turun dari TPT Agustus 2016 yang tercatat 5,61 persen.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan bahwa sentimen mengenai ketidakpastian mengenai reformasi pajak Amerika Serikat masih menjadi salah satu faktor yang membebani pergerakan dolar AS.

"Kekhawatiran program reformasi pajak akan tertunda hingga 2019 mendatang membuat sebagian pelaku pasar menahan transaksi dalam bentuk dolar AS," katanya. (*)