Sumbar Bakal Bantu Pemulihan Mapolres Dharmasraya

id Wagub Sumbar

Sumbar Bakal Bantu Pemulihan Mapolres Dharmasraya

Wakil Gubernur Suamtera Barat, Nasrul Abit (kedua kanan), Kapolres Dharmasraya, AKBP Roedy Yoelianto (Kanan) saat meninjau gedung Mapolres setempat pascainsiden pembakaran Minggu (12/11) dini hari, Rabu (15/11). (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen. )

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya akan membahas upaya pemerintah dalam membantu pemulihan gedung Mapolres pascapembakaran yang terjadi pada Minggu (12/11) dini hari.

"Nanti dibahas dulu apa yang dapat dibantu untuk pemulihan kantor Polres, sepanjang yang dapat kita bantu pasti diberikan, namun berapa jumlahnya belum bisa dipastikan," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit saat meninjau Mapolres di Pulau Punjung, Rabu ( 15/11).

Pemerintah provinsi sudah menerima surat dari Pemkab Dharmasraya tentang peristiwa pembakaran, selanjutnya surat itu akan dipelajari sebelum ditetapkan langkah apa yang akan diambil pemerintah ke depan.

Ia menilai pelayanan terhadap masyarakat merupakan hal utama yang harus segara dipikirkan secara bersama agar pemulihan dapat dilakukan dengan cepat.

"Tadi pak Kapolres juga bilang pelayanan masyarakat secara bertahap mulai dipulihkan dengan mendirikan kantor sementara, seperti yang kita lihat para pekerja membuat sekat ruangan di lapangan tembak Mapolres," jelas dia.

Wagub turut prihatin atas peristiwa pembakaran yang terjadi. Menurutnya kejadian tersebut dapat dijadikan bahan pembelajaran agar peristiwa ini tidak terulang lagi di Sumbar.

Wagub beserta rombongan tiba di Mapolres Dharmasraya, Rabu pukul 16.00 WIB untuk meninjau Mapolres pascainsiden pembakaran. Kedatangan Wagub disambut langsung Kapolres AKBP Roedy Yoelianto.

Setibanya di Mapolres Wagub langsung berkeliling melihat sisa bangunan yang ludes terbakar. Mulai dari melihat bagunan utama, hingga meninjau pembangunan kantor sementara dengan memanfaatkan lapangan tembak yang berada di belakang gedung utama.

Sebelumnya Kepolisian Resor Dharmasraya mendirikan kantor sementara untuk melayani masyarakat pascainsiden pembakaran mapolres.

"Pelayanan masyarakat tetap di lingkungan Polres, lokasinya di lapangan badminton dan tenis yang berada di samping dan belakang bangunan utama," kata Kapolres Dharmasraya, AKBP Roedy Yoelianto.

Peristiwa kebakaran di Polres Dharmasraya terjadi pada Minggu (12/11) dini hari yang mengakibatkan seluruh bangunan utama polres hangus terbakar. (*)