Beri Pelayanan Maksimal, Enam Lingkung Terapkan Layangpadu

id LAYANGPADU

Beri Pelayanan Maksimal, Enam Lingkung Terapkan Layangpadu

Sejumlah warga Nagari Pakandangan, Kacamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat mendatangi Pelayanan Lapangan Terpadu (Layangpadu), Pakandangan, Rabu (15/11). (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M S)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat menerapkan program Pelayanan Lapangan Terpadu (Layangpadu) ke nagari-nagari guna memberikan pelayanan maksimal kepada warga setempat.

"Setidaknya sekarang ada delapan pelayanan yang kami berikan kepada masyarakat melalui Layangpadu," kata camat setempat, Rudi Rilis di Enam Lingkung, Rabu (15/11).

Ia menyebutkan delapan pelayanan tersebut yaitu dimulai dari tingkat nagari, kecamatan, kesehatan, pencatatan sipil, jaminan kesehatan nasional, keagamaan, program keluarga berencana, dan hukum.

Semua pelayanan tersebut langsung melibatkan instansi yang bersangkutan dengan mendatangkannya pada saat program itu dilakukan di nagari-nagari.

Ke depan pihaknya akan menggandeng Samsat setempat, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian serta instansi lainnya sehingga pelayanan yang diberikan semakin lengkap.

Program tersebut berupa penyuluhan, pelayanan, sampai pada perizinan sehingga warga mendapat sejumlah keuntungan dalam sekali jalan.

"Jadi sekali mendatangi banyak hal yang didapatkan warga jika mendatangi Layangpadu," katanya.

Pelayanan ini dimulai sejak Februari lalu dan hingga sekarang telah banyak dampak positif yang dirasakan oleh warga setempat.

Dalam perkembangan program tersebut pun juga diterapkan Layangpadu partisipatif karena warga ikut berpartisipasi dengan membawa nasi untuk maka siang bersama-sama.

Ia menyebutkan rata-rata warga yang mendatangi Layangpadu yaitu 75 orang meskipun lokasi penyelenggarannya terkadang di bawah pohon dan pusat perkumpulan. (*)