33 Anggota Panwascam Kabupaten Dharmasraya Dilantik

Pewarta : id SUTAN RISKA

Bupati Dharmasraya Sutan Riska. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Sebanyak 33 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) dilantik sebagai persiapan menghadapi Pemilihan Umum serentak 2019.

Ketua Panwaslu Dharmasraya Laila Husni di Pulau Punjung, Selasa (14/11), mengatakan anggota Panwascam yang dilantik merupakan hasil seleksi yang dilakukan dari 19 sampai 25 Oktober 2017.

"Pendaftaran peserta mencapi 195 orang, 33 yang dilantik hari ini merupakan yang lulus dari setiap tahapan ujian," ujarnya.

Setiap kecamatan ada tiga anggota panwascam dari 11 kecamatan yang ada di Dharmasraya.

Sementara Bupati Dharmasraya, Sutan Riska mengatakan Pemilu merupakan wujud kedaulatan rakyat sekaligus sarana partisipasi masyarakat sebagai penentuan jabatan publik.

Menurutnya peran penting pengawasan pemilu adalah menjamin proses pemilu berjalan secara jujur, adil, dan memastikan partisipasi masyarakat sebagai pemilih dalam pelaksanaan pemilu yang berintegritas.

"Panwas jangan diskriminatif, harus tegas dalam penanganan masalah. Panwalus merupakan mitra kerja yang harus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam menangani permasalahan yang ditemui," ujarnya.

Ia berharap lembaga pengawas pemilu dapat melaksanakan tugas dengan baik tidak merugikan salah satu pihak dalam pelaksanaan pemilu.

"Dahulukanlah pencegahan dari pada penindakan, untuk meminimalisasi tindakan pidana selama pelaksanaan pemilu," tambahnya. (*)
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar