Ide Kreatif Polres Solok Kota, Pustaka Keliling

id PUSTAKA KELILING

Ide Kreatif Polres Solok Kota, Pustaka Keliling

Wakil Walikota Solok, Reiner (nomor dua dari kiri) berfoto bersama Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan (empat dari kiri) pada peluncuran pustaka keliling polres kota Solok. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Wakil Wali Kota Solok Reiner mengapresiasi peluncuran pustaka keliling milik Kepolisian Resort (Polres) setempat guna meningkatkan inovasi pelayanan terhadap masyarakat setempat.

"Kita sangat apresiasi ide-ide kreatif Kapolres Polres Solok Kota AKBP Dony Setiawan dan jajarannya. Tentunya ini akan sangat membantu mendorong program-program Pemko Solok dalam sektor pendidikan dan lainnya," katanya di Solok, Selasa (14/11).

Untuk tahap awal, pihak Polres Solok Kota menyediakan satu unit mobil layanan. Nantinya, mobil dengan ratusan koleksi buku ini akan mendatangi sekolah-sekolah baik PAUD, TK maupun SD yang minim perpustakaan di wilayah hukum Polres Solok Kota, khususnya wilayah Tanah Garam.

Mobil dengan Nomor polisi BA 1791 PQ tersebut bukanlah bantuan dari pihak manapun, tetapi mobil salah seorang Bhabinkamtibmas Bripka Edwardo, yang di ubah menjadi mobil operasional pustaka keliling.

Polres Solok kota terus melakukan berbagai inovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Kali ini, dibawah Komando Kapolres AKBP Dony Setiawan, Polres Solok Kota melaunching operasional Mobil Pustaka Keliling.

Wawako berharap, inisiatif yang dilakukan Polres Solok kota dapat menjadi inspirasi dan teladan baik bagi sesama personil dan pihak lainnya. Jika semua pihak bersama-sama mendorong pembangunan, diyakini Kota Solok akan lebih maju kedepannya.

"Setahu saya, sudah sangat banyak inovasi-inovasi yang dilakukan Polres Solok, hal ini tidak lepas dari kepedulian Polisi terhadap pembangunan Kota Solok dan memberikan pelayanan prima bagi segenap masyarakat," ujarnya.

Ide yang dilakukan Polres Solok kota disambut sangat positif oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solok. Sebagai mitra Pemkot, Polres Solok Kota dinilai sangat membantu, tidak saja dalam bidang penyelenggaraan Kamtibmas, namun juga dalam berbagai bidang lainnya termasuk pendidikan.

Kepedulian Polres Solok Kota dalam meningkatkan minat baca masyarakat bukanlah hal yang baru. Beberapa waktu lalu, Polres Solok kota juga menyediakan layanan pustaka mini bagi para tahanan yang ada di Mapolres Solok Kota.

Inisiatif tersebut turut memancing kepedulian masyarakat dan lembaga lainnya untuk turut serta menyumbangkan buku bacaan. Keberadaan perpustakaan mini ini, juga disambut hangat para tahanan, selain bisa mengisi waktu luang dengan membaca buku juga bisa menambah pengetahuan.

Pada kesempatan itu, Wawako Solok juga turut menyerahkan penghargaan bagi sejumlah dai Kamtibmas, dan personil Polres Solok Kota yang dinilai berprestasi, dalam kinerjanya membina tahanan yang ada di Mapolres tersebut.

Termasuk Bripka Edwardo yang telah berinisiatif membuat pustaka keliling dengan menggunakan mobilnya sendiri. Selain itu, Bhabinkamtibnas Kelurahan tanah garam ini juga telah berdedikasi membantu warga Tanah Garam yang menjadi korban musibah kebakaran. (*)