BKIPM Sosialisasi Tentang Pengawasan Produk Perikanan, ke Mahasiswa UBH

id #Hasil Perikanan #UBH

BKIPM Sosialisasi Tentang Pengawasan Produk Perikanan, ke Mahasiswa UBH

Rektor UBH Prof Azwar Ananda (kiri) memberikan cenderamata kepada Kapuskari Riza Priyatna,(kanan) dalam kuliah umum di Universitas Bung Hatta, di Padang, Selasa (14/11). Kuliah mengupas tentang pengawasan produk perikanan. (Foto. antarasumbar/Melani Friati/11/17) (bb)

Padang, (Antara Sumbar)- Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Sumatera Barat, menggelar sosialisasi tentang peran dan tanggung jawabnya dalam mengawasi produk perikanan di Indonesia, kepada Mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Bung Hatta,

BKIPM bertugas menjaga negara dari serangan penyakit produk perikanan yang berasal dari luar negeri", kata Kepala Pusat Karantina dan Keamanan Hayati Ikan, Riza Priyatna, di Padang, Selasa.

Selain itu,ia menyebutkan, BKIPM juga bertanggung jawab terhadap pengendalian mutu produk perikanan Indonesia yang akan di ekspor ke luar negeri.

Menurut dia, selain dari dua fungsi tersebut, BKIPM juga mengawasi masuknya produk ilegal ke Indonesia yang dapat mengancam produk lokal, serta mencegah terjadinya pengiriman produk secara ilegal ke luar negeri.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof Azwar Ananda mengungkapkan, saat ini persaingan antar negara tidak hanya di bidang persenjataan, namun telah merambah ke bidang biologi dan penyebaran virus yang dimasukan lewat produk perikanan.

"Badan Karantina hadir bukan untuk menghalangi pengiriman barang dari dalam, atau pun luar negeri, tapi menjaga kesehatan dan keamanan produk makanan sebelum dikonsumsi masyarakat", kata dia.

Azwar berharap, dengan kuliah umum yang diadakan Universitas Bung Hatta dan BKIPM, Mahasiswa terutama fakultas Perikanan dapat memahami cara kerja dari BKIPM.

Guna mendukung pengembangan ilmu perikanan, dalam waktu dekat, Universitas Bung Hatta akan membuka program studi teknologi perikanan.

"Dalam waktu dekat kita akan membuka prodi Teknologi Perikanan, yang akan mengkaji tentang teknik teknologi tangkap, pengolahan perikanan dan lain-lain,"tambahnya.***