Kemensos Aloksi Dana KUBE-PKH Senilai Rp1,2 Miliar di Padangpariaman

id KUBE

Kemensos Aloksi Dana KUBE-PKH Senilai Rp1,2 Miliar di Padangpariaman

Bupati Padangpariaman, Sumatera Barat, Ali Mukhni (kanan) menyerahkan buku tabungan BRI kepada perwakilan penerima KUBE dan PKH pertanda diserahkannya dana dari Kementerian Sosial tersebut, Parit Malintang, Selasa. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M S)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumbar, menyalurkan dana Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial senilai Rp1,2 miliar untuk 2017 kepada 60 kelompok masyarakat di daerah itu.

"Masing-masing kelompok mendapatkan Rp20 juta yang digunakan untuk modal usaha mereka," kata Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni saat menyerahkan dana KUBE dan PKH kepada warga setempat di Parit Malintang, Selasa (14/11).

Tujuan adanya program tersebut yaitu untuk memakmurkan masyarakat melalui usaha yang dibentuk.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk dapat memanfaatkan program tersebut dengan baik sehingga nantinya mendapatkan program pengembangan usahanya.

Namun dalam penggunaan dana tersebut penerima KUBE dan PKH harus bertanggungjawab agar tidak ada permasalahan karena uang yang digunakan merupakan milik negara.

"Jika ada masyarakat yang tidak mengerti dalam penggunaannya maka silahkan berkonsultasi kepada dinas terkait," ujarnya.

Ia berharap ke depan besaran dana yang diperoleh melalui KUBE dan PKH tersebut lebih besar agar usaha yang dikembangkan warganya lebih maju lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak setempat, Arman Adek menambahkan pada 2015 daerah itu mendapatkan dana melalui KUBE dan PKH sebesar Rp800 juta, 2016 sebesar Rp1 miliar sedangkan sekarang Rp1,2 miliar.

Ia merincikan untuk tahun sekarang ada tiga kecamatan yang mendapatkan KUBE dan PKH yaitu Batang Anai 35 kelompok, Lubuk Alung 20 kelompok, dan Nan Sabaris lima kelompok.

"Masing-masing kelompok terdiri lima sampai 10 orang," lanjutnya.

Usaha yang dijalankan kelompok-kelompok tersebut bervariasi mulai dari berdagang sampai beternak sapi.

Untuk tahun depan pihaknya telah mengusulkan anggaran Rp40 miliar untuk KUBE dan PKH tersebut karena melihat dari perkembangan program itu sebelumnya telah membantu warga di daerah itu dalam berwirausaha.

Dana yang disalurkan tersebut melalui bank sehingga menghindarkan adanya pemotongan dari oknum yang tidak bertanggungjawab. (*)