Pelaksanaan TdS Tidak Terganggu Pembakaran Mapolres Dharmasraya

Pewarta : id TdS

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Jadwal pelaksanaan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) pada 18-26 November 2017 tidak terganggu kasus pembakaran Markas Polres Dharmasraya, Sumbar oleh dua orang yang kemudian ditembak mati petugas, Minggu (12/11) dini hari.

"Sampai saat ini semua berjalan sesuai rencana. Kita juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan tidak ada masalah," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian di Padang, Senin (13/11).

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, menurut dia juga tidak mengajukan perubahan rute terkait kejadian pembakaran kantor polisi tersebut.

"Kita tentu berharap TdS tidak terganggu hal-hal seperti ini," tambahnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Polda setempat dan mendapat jaminan daerah itu aman.

Menurutnya sesuai informasi dari Polda Sumbar pelaku hanya dua orang dan terpaksa ditembak mati karena membahayakan petugas.

"Kita apresiasi kesigapan petugas yang bisa segera mengendalikan situasi," kata dia.

Meski demikian, ia meminta masyarakat setempat ikut menjaga stabilitas keamanan daerah, jika ada hal-hal yang mencurigakan langsung melapor pada pihak kepolisian.

TdS ke sembilan kalinya dijadwalkan akan digelar pada 18 hingga 26 November 2017.

Ajang itu akan diikuti oleh peserta 20 tim sepeda masing-masing 15 tim international dan lima tim nasional dari 30 negara.

Pebalap akan melewati sembilan etape mulai 18 November masing-masing Grand Start dari Batusangkar, Tanah Datar-Padang dengan jarak tempuh 107 kilometer. Etape II pada 19 November dari Painan, Pesisir Selatan- Sawahlunto sepanjang 166 kilometer, pada 20 November etape III dari Muaro Sijunjuang-Pulau Punjuang berjarak 100 kilometer.

Kemudian etape IV pada 21 November dari Danau Singkarak, Kabupaten Solok-Payakumbuh sepanjang 135 kilometer, etape V pada 22 November dari Lembah Harau, Limapuluhkota-Padang Panjang dengan jarak 101 kilometer.

Etape VI pada 23 November Kota Solok-Kayo Aro, Solok Selatan sepanjang 140 kilometer, Etape VII pada 24 November dari Pariaman-Pasaman Barat sepanjang 157 kilometer, Etape VIII pada 25 November dari Padang Pariaman-Agam sepanjang 101 kilometer dan etape terakhir 26 November dari Pasaman-Bukittinggi 90 sepanjang kilometer. (*)
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar