Panwascam harus Jaga Independensi

id PANWASCAM PADANG PARIAMAN

Panwascam harus Jaga  Independensi

Wakil Bupati (Wabup) Padangpariaman, Sumatera Barat, Suhatri Bur saat sambutan pada pelantikan dan bimbingan teknis anggota Panwascam Kabupaten Padangpariaman di 2x11 Kayu Tanam, Senin (13/11). (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M S)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Padangpariaman, Sumatera Barat, Suhatri Bur mengharapkan anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang baru dilantik untuk menanamkan jiwa keindependenan selama menjadi pengawas pemilihan umum di daerah itu.

"Apalagi anggotanya sekarang merupakan orang-orang baru," kata dia saat pelantikan dan bimbingan teknis anggota Panwascam Kabupaten Padangpariaman di 2x11 Kayu Tanam, Senin ( 13/11).

Untuk itu, lanjutnya anggota Panwascam sekarang harus lebih banyak belajar kepada anggota sebelumnya serta membaca peraturan dan buku guna menambah pengetahuan.

Ia mengatakan jangan sampai anggota Panwascam tersebut mengerjakan hal-hal yang tidak sesuai dengan tugasnya dan peraturan yang ada.

Selain menanamkan keindependenan, Suhatri juga mengharapkan anggota Panwascam untuk memiliki integritas, solidaritas, moralitas, dan profesional yang tinggi.

Ia meminta seluruh anggota Panwascam untuk tidak terlalu bergembira pascadilantik menjadi pengawas karena pekerjaan besar untuk mengawasi pemilihan umum akan dimulai.

Sementara itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum Sumbar, Vifner Rangkhoto mengatakan tinggal empat bulan lagi anggota Panwascam untuk belajar dan berkonsultasi dengan senior karena lewat dari itu maka mereka akan disibukkan dengan tugas pokok.

"Harus rajin baca Undang-undang, Peraturan Komisi Pemilihan Umum, berita, dan bahan bacaan lainnya," katanya.

Ia mengatakan jika anggota Panwascam tidak bisa bekerja dengan baik maka Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten diperbolehkan memecatnya.

Ketua Panwaslu Padangpariaman, Zainal Abidin mengatakan pemilihan anggota Panwascam di daerah itu sudah sesuai prosedur yang berlaku.

"Anggota yang dilantik sesuai dengan kapasitas dan kemampuan mereka sehingga dipastikan bukan berdasarkan permintaan atau karena ada hubungan tertentu," ujarnya.

Ia menyebutkan pada tahap pendaftaran ada 380 orang yang mendaftar sedangkan yang lulus administrasi sebanyak 350 orang.

Setelah dilakukan seleksi maka ditetapkan anggota Panwascam sebanyak 51 orang yang 14 orang di antaranya wanita. (*)