Tinggi Animo Warga, KRI Bima Suci Tunda Keberangkatan ke Jakarta

id KRI Bima Suci

Tinggi Animo Warga, KRI Bima Suci Tunda Keberangkatan ke Jakarta

KRI Bima Suci melakukan peran layar ketika melintasi Samudera Hindia, Jumat (27/10/2017). Peran layar tersebut merupakan peran layar perdana yang membentangkan 26 layarnya dan rencananya akan tiba di Indonesia pada Rabu (8/11/2017). (antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Keberangkatan KRI Bima Suci dari Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menuju Jakarta yang seharusnya dijadwalkan pada Sabtu (11/11), ditunda sehari mengingat tingginya animo masyarakat mengunjungi kapal itu.

"Kapal yang seharusnya berangkat dari Padang menuju Jakarta hari ini, ditunda. Mengingat animo masyarakat yang masih tinggi untuk mengunjungi kapal," kata Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji, di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan kapal baru milik Indonesia itu akan bertolak menuju Jakarta pada Minggu (12/11), sekitar pukul 10.00 WIB.

"Jadi untuk hari ini open ship masih terus dilakukan untuk memberi kesempatan kepada masyarakat melakukan kunjungan kapal," katanya.

Pada Sabtu, kunjungan dan antusias masyarakat ke KRI Bima Suci tampak masih tinggi. Ratusan warga secara bergantian masih terus berdatangan.

Open Ship ke KRI Bima Suci itu telah digelar oleh TNI Angkatan Laut sejak 8-11 November 2017.

Sebelumnya, kedatangan KRI Bima Suci di Dermaga Teluk Bayur Padang adalah persinggahan pertama kapal tersebut di Indonesia.

Kapal itu baru tiba di Indonesia setelah diberangkatkan dari negara tempat pembuatan yaitu Spanyol, pada 18 September 2017, dan telah melewati Italia, Mesir, Arab Saudi, Oman, dan Colombo.

Pada Jumat (10/11), kapal itu juga menjadi tempat dilaksanakannya upacara di laut serta tabur bunga, memperingati hari pahlawan nasional.

Sementara para taruna dan taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) yang ada di KRI Bima Suci, juga telah melakukan kirab kota pada Kamis (9/11). (*)