Padang Pertahankan Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi

id MTQ

Padang Pertahankan Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi

Wakil Gubernur Nasrul Abit menyalami dewan hakim MTQ tingkat provinsi di Kota Pariaman.

Pariaman, (Antara Sumbar) - Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), kembali mempertahankan juara umum pada penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat provinsi yang diadakan di Kota Pariaman 4 hingga 10 November 2017.

"Kota Padang kembali berhasil mempertahankan juara umum dengan jumlah poin 101 disusul Kota Pariaman dengan perolehan 52 poin, kemudian Kabupaten Padangpariaman di peringkat tiga," kata Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar, Damri Tanjung di Pariaman, Jumat malam (10/11) saat penutupan MTQ ke-37.

Untuk posisi keempat dan kelima masing-masing disabet oleh Kabupaten Tanah Datar dengan 39 poin dan Kabupaten Pasaman 33 poin.

Selanjutnya posisi keenam ditempati oleh Kabupaten Pesisir Selatan dengan perolehan 26 poin, posisi ketujuh Kabupaten Agam dengan jumlah poin 26, kedelapan Kota Solok 25, kesembilan Kota Padangpanjang jumlah poin 22 dan peringkat 10 ditempati oleh Kota Payakumbuh 22 poin.

Pihaknya mengatakan penetapan juara umum tersebut berdasarkan hasil penghitungan dan kesepakatan dewan hakim terhadap poin yang diperoleh masing-masing daerah.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan penyelenggaraan MTQ ke-37 di Kota Pariaman merupakan salah satu persiapan daerah dalam menghadapi MTQ tingkat nasional pada 2018 di Kota Medan Sumatera Utara.

"Kota Pariaman dinilai sukses dalam menyelenggarakan MTQ ke-37 hal itu berpatokan dengan tidak adanya masalah yang signifikan selama kegiatan," katanya.

Ia mengatakan penyelenggaraan MTQ ke-38 tingkat provinsi selanjutnya diselenggarakan di Kota Solok. Oleh sebab itu pemerintah daerah terkait diminta segera berbenah dalam mempersiapkan diri.

"Gubernur Telah menetapkan Kota Solok sebagai tuan rumah MTQ ke-38, kami meminta pemerintah daerah segera melakukan persiapan agar jauh lebih baik dari kegiatan sebelumnya," ujar dia.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman Indra Sakti mengatakan Kota Pariaman telah melampaui target awal dalam kegiatan keagamaan tersebut.

Awalnya ujar dia, pemerintah daerah hanya menargetkan posisi tiga, namun Kota Pariaman mampu meraih hasil maksimal dengan menempati urutan kedua setelah Kota Padang.

Apalagi ujarnya, penyelenggaraan MTQ ke-36 tingkat provinsi yang diadakan di Kota Sawahlunto, Kota Pariaman hanya menempati urutan 10. (*)