BNI Salurkan Bansos Untuk 1.150 Lansia dan 1.116 Penyandang Disabilitas di Empat Kota

id #BNI #Bansos lansia

BNI Salurkan Bansos Untuk 1.150 Lansia dan 1.116 Penyandang Disabilitas di Empat Kota

CEO BNI Wilayah Padang, Rahmad Hidayat mengantarkan langsung bantuan ke rumah penerima manfaat Bansos Lansia di Dharmasraya.

Padang, (Antara Sumbar) - Sebagai wujud komitmen dalam memberikan layanan inklusi keuangan dan mendukung program pemerintah, BNI dipercaya sebagai penyaluran bantuan sosial oleh Direktorat Sosial Lanjut Usia Kementerian Sosial melalui kegiatan program Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) dan Pemberian Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), sehingga di Sumatera Barat sebanyak 1.150 Lansia dan 1.116 disalurkan.

Penyalurannya melalui empat kota yang disalurkan baru-baru ini di Sumbar, yakni Kota Padang, Solok, Bukittinggi dan Payakumbuh pada tempat terpisah, seperti dirilis, Sabtu.

Secara keseluruhan, program ASLUT akan diberikan kepada 30.000 lanjut usia yang masing-masing akan menerima Rp200 ribu per bulan di 34 provinsi, 418 Kabupaten/Kota, 1.531 Kecamatan dan 4.492 Desa.

Dengan kriteria lanjut usia berusia 60 tahun ke atas dengan kondisi bedridden atau sakit menahun terlantar (bergantung pada bantuan orang lain atau pendamping), tidak tinggal bersama keluarga dan tidak berpenghasilan tetap.

Program ASPDB diberikan kepada 22.500 penyandang disabilitas berat yang masing-masing akan menerima Rp300 ribu per bulabulan di 34 Provinsi, 366 kabupaten/kota, 4.407 kecamatan.

Kriteria penerima ASPDB adalah penyandang disabilitas berat berusia 2 hingga 59 tahun, disabilitasnya tidak dapat direhabilitasi, dan hidup bersama keluarga miskin.

Sedangkan untuk Wilayah Sumatera Barat akan disalurkan sebanyak 1.150 lanjut usia dan 1.116 penyandang disabilitas. Adapun total penyaluran adalah sebesar Rp. 920.000.000,- untuk bantuan ASLUT dan Rp. 1.339.200.000,- untuk bantuan ASPDB.

Sedangkan untuk percepatan penyaluran BNI mengoptimalkan Agen46 BNI yang merupakan perpanjangan tangan dari BNI yang dapat melakukan pencairan dana dari para penerima ASLUT dan ASPDB.

Diharapkan ke depan dapat melalukan pencairan ddana di Agen46 terdekat, sehingga dapat memudahkan dan mempercepat akses transaksi perbankn oleh penerima manfaat ungkap Firmansyah selaku Wakil Pimpinan Wilayah Padang dalam penyerahan simbolis Bansos ASLUT dan ASPDB di Dinas Sosial Kota Padang, pada 10 November 2017.

Di kesempatan terpisah, Rahmat Hidayat selaku CEO BNI Region Sumbar, Riau dan Kepri menyerahkan langsung kepada penerima manfaat yang tidak bisa ikut dalam penyerahan di Dinas Sosial Dharmasraya.

Bersama tim BNI Cabang Solok, Rahmat Hidayat, tanpa ragu mendatangi rumah penerima manfaat. Mudah-mudahan berkah dan bermanfaat bagi penerirma bantuan, dan selain itu kami bisa melihat dan merasakan langsung kondisi penerima bantuan tersebut ujar Rahmat Hidayat di sela penyerahan langsung bantuan ASLUT.

Dengan kartu yang diterima oleh penerima manfaat, penyaluran dapat dilakukan dengan pemindahbukuan terhadap masing-masing virtual account penerima bantuan tanpa pembukaan rekening asli bagi penerima bantuan.

Penerima manfaat tetap dapat melakukan transaksi operasional keuangan di berbagai Channel BNI, seperti Teller, ATM, EDC yang akan memberikan nilai tambah bagi pelaksanaan asistensi sosial melalui peningkatan efisiensi proses pembukaan rekening penerima bantuan, ungkap Rahmad Hidayat . (*)