Pelatihan Penilaian Koperasi Berprestasi Tingkatkan Wawasan Pengurus

id PELATIHAN KOPERASI

Pelatihan Penilaian Koperasi Berprestasi Tingkatkan Wawasan Pengurus

emerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat memberikan pelatihan penilaian koperasi berprestasi (Koperasi award 2017) kepada pengurus koperasi guna meningkatkan produktivitas usaha koperasi di daerah tersebut. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat memberikan pelatihan penilaian koperasi berprestasi (Koperasi award 2017) kepada pengurus koperasi guna meningkatkan produktivitas usaha koperasi di daerah tersebut.

Bupati Solok, Gusmal di Bukittinggi, Sabtu (11/11) mengatakan pemberian pelatihan koperasi berprestasi dapat meningkatkan wawasan dari pada penggerak koperasi untuk dapat mengelola koperasi menjadi koperasi yang kuat dan mandiri.

"Dengan diselenggarakan kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta sehingga nantinya saudara akan mampu membenahi koperasi saudara baik dari segi kelembagaan, keuangan, maupun tingkat produktivitas usahanya," ujarnya.

Pelatihan ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan dalam pemberdayakan koperasi sehingga kedepannya akan tumbuh koperasi-koperasi yang berkualitas dan maju.

Ia menyebutkan peningkatan SDM pengurus koperasi harus dilakukan melalui diklat yang terarah dan berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan guna meningkatkan produktivitas usaha bagi koperasi tersebut.

Salah satu persoalan mendasar yang masih harus dibenahi oleh koperasi adalah aspek hukum, baik yang mengatur pertanggung jawaban Anggota terhadap koperasi nya, maupun hal pertangung jawaban koperasi terhadap anggotanya.

"Saya berharap peserta banyak bertanya kepada pemateri bagaimana koperasi yang baik itu dalam rangka penilaian koperasi tersebut, sehingga bapak ibuk bisa menjadi Pioneer pembina koperasi di daerah masing-masing," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperindag dan UKM, Nasripul romika, mengatakan pelatihan yang diberikan Kamis (9/10) untuk meningkatkan pengetahuan pengurus, pengelola atau pengawas koperasi agar dapat menjalankan usaha koperasi dengan baik.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan pengurus, pengelola dan pengawas koperasi dalam mengerjakan administrasi dengan tertib.

"Saya berharap kegiatan ini akan melahirkan koperasi yang berprestasi yang dapat mewakili Kabupaten Solok pada tingkat provinsi dan nasional," ujarnya.

Caption : Bupati Solok, Gusmal memberikan arahan pada pelatihan penilaian koperasi berprestasi bagi pengurus koperasi di Kabupaten Solok. (*)