Pasaman Terima 21 Dokter Internship

id Dokter

Pasaman Terima 21 Dokter Internship

Ilustrasi.

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menerima 21 dokter internship angkatan XXX yang akan mengabdikan diri selama setahun di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Amdarisman di Lubuk Sikaping, Jumat (10/11), sebanyak 21 orang dokter internship yang berasal dari berbagai daerah tersebut terbagi dalam tiga kelompok.

"Masing-masing kelompok terdiri dari tujuh orang," ujarnya.

Menurutnya penempatan dari dokter internship tersebut yakni di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping dan sejumlah puskesmas di daerah itu.

"Mereka akan mengabdikan diri selama delapan bulan di RSUD Lubuksikaping dan 4 bulan di Puskesmas. Jadi meraka di Pasaman selama satu tahun," katanya.

Selama setahun hingga November 2018, akan melaksanakan tugas dan diawasi oleh pembimbing di masing-masing unit dimana mereka ditempatkan, jelasnya.

"Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya di bidang kedokteran," ujarnya.

Ia menjelaskan program tersebut ditujukan bagi setiap dokter baru yang pada masa pendidikannya menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), sebagai prasyarat untuk registrasi di Konsil Kedokteran Indonesia.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemahiran dan kemandirian kompetensi dokter, pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komperhensif dan mandiri," katanya.

Setiap dokter yang tamat dari fakultas kedokteran memang harus menjalani program ini selama 1 tahun.

"Setelah itu mereka akan diberikan Surat Tanda Registrasi (STR)," katanya.

Selama menjalankan internship di daerah itu, katanya dokter internship diwajibkan mengikuti aturan kedinasan yang ada di pemerintah daerah setempat.

"Kita rutin setiap tahunnya menerima dokter internship. Mereka yang akan membantu menyukseskan program pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat diseluruh Indonesia secara profesional," katanya. (*)