TdS 2017 Kian Dekat, Pasaman Matangkan Persiapan Etape Sembilan

id ATOS PRATAMA

TdS 2017 Kian Dekat, Pasaman Matangkan Persiapan Etape Sembilan

Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama. (ANTARA SUMBAR/Riko Saputra)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Pasaman, Sumatera Barat, Atos Pratama, mengatakan pemerintah setempat terus mematangkan persiapan menjelang pelaksanaan event internasional Tour de Singkarak (TdS) etape sembilan yang akan digelar pada 26 November 2017.

"Tour de Singkarak (TdS) ini merupakan event olahraga sepeda terbesar di Indonesia dan masuk kategori lima besar ditingkat dunia. Jadi persiapannya harus matang," katanya di Lubuk Sikaping, Jumat (10/11).

Menurutnya kegiatan TdS ini akan dapat mengharumkan nama daerah itu di tingkat dunia dan nasional jika pelaksanaannya dapat berlangsung sukses.

"Oleh sebab itu kita minta kepada para panitia untuk dapat melaksanakan tugas dan bertanggungjawab dibidangnya masing-masing. Semuanya harus bersinergi," ujarnya.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil rapat persiapan terakhir yang digelar pada Selasa (7/11), untuk pengamanan kegiatan ini ada 465 personel yang terdiri atas personel Polres Pasaman, Kodim 0305 Pasaman, Satpol-PP, Dinas Perhubungan dan Sub-Denpom.

"Jika juga minta kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum untuk menyiagakan alat berat jika terjadi bencana alam di jalur yang akan dilalui oleh peserta TdS," ujarnya.

Ia mengatakan Tim TdS juga telah melakukan survei jalur lintasan etape sembilan.

"Hasilnya mereka puas. Berarti sudah layak untuk dilalui pebalap, titik jalan yang rusak juga sudah selesai diperbaiki," katanya.

Pelaksanaan TdS di daerah itu termasuk dalam etape 9 yang lokasi start di Halaman Kantor Bupati Pasaman dan grand finis di Lapangan Kantin Bukittinggi.

"Untuk jarak tempuhnya sepanjang 117,2 km. Ini merupakan pelaksanaan TdS kesembilan di Pasaman. Kita berharap kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar," katanya.

Untuk rutenya, katanya peserta TdS akan start di Halaman Kantor Bupati Pasaman di Lubuk Sikaping yang akan berkeliling di Lubuk Sikaping.

Selanjutnya, melalui pasar Lubuk Sikaping ke makam pahlawan berbelok ke kiri arah bypass, keluar di Sawah Panjang terus belok kiri kembali ke lokasi start dan langsung ke arah Bukittinggi.

Kegiatan balap sepeda internasional tersebut akan diikuti oleh 30 negara dengan 20 tim sepeda yang terdiri dari 15 tim international dan lima tim nasional. (*)