KONI Pasaman Barat Berikan Uang Pembinaan Atlet Berprestasi

id KONI Pasaman Barat

KONI Pasaman Barat Berikan Uang Pembinaan Atlet Berprestasi

Cabang Olah Raga Basket Pasaman Barat saat latihan dan uji tanding dalam rangka persiapan Pra Porprov dan Porprov 2018. ( Antara Sumbar/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menyediakan uang pembinaan prestasi kepada atlet perorangan yang mendapatkan medali emas dan perak pada ajang Pra Pekan Olah Raga Provinsi yang diadakan sejak Oktober 2017 sampai April 2018.

"Kita menyiapkan anggaran sekitar Rp90-Rp100 juta untuk pembinaan atlet berprestasi yang mampu merebut medali emas dan perak. Direncanakan uang pembinaan itu akan diberikan sejak Januari 2018," kata Ketua KONI Pasaman Barat, Mahlil Usman di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan Pra Porprov dilaksanakan oleh masing-masing cabang olah raga itu dalam rangka menjaring atlet yang akan tampil pada ajang Porprov 2018. Artinya, atlet yang tampil di Porprov adalah yang mampu menembus babak delapan besar.

"Jumlah atlet yang tampil di Porprov nantinya tidak seperti sebelumnya. Sebab sudah dijaring melalui ajang Pra Porprov," katanya.

Untuk memotivasi atlet itu maka KONI Pasaman Barat menyediakan uang pembinaan bagi yang meraih medali emas dan perak.

"Sejauh ini atlet tenju kita sudah berhasil meraih satu emas dan satu perak. Sedangkan untuk cabang olah raga lainnya belum bertanding," ujarnya.

Sedangkan cabang olah raga yang diharapkan meraih medali emas pada Pra Porprov dan Porprov nantinya adalah gulat, tinju, karate, kempo, wushu, taekwondo, pencak silat, bridge, tenis lapangan, panjat tebing dan tenis meja.

Ia menyebutkan untuk uang pembianaan yang disediakan bagi peraih emas adalah Rp400.000 per bulan dan Rp200.000 untuk peraih medali perak.

"Uang pembinaan itu akan diberikan sejak Januari 2018 sampai November 2018 khusus cabang olah raga perorangan sedangkan untuk beregu dan tim sedang dalam pertimbangan," ujarnya.

Kepada atlet yang akan bertanding di Pra Porprov diharapkan meningkatkan semangat dalam latihan demi prestasi dan mengharumkan nama Pasaman Barat.

Ia juga menekankan bahwa pihaknya konsen membina dan memakai atlet sendiri tidak akan mendatangkan atlet luar daerah.

Apalagi, katanya, Pemkab Pasaman Barat bersama DPRD mendukung penuh program pembinaan atlet lokal. Terbukti untuk 2018 nanti anggatan KONI disetujui Rp2 miliar untuk pembinaan atlet dari berbagai cabang olah raga.

"Kita ucapkan terima kasih kepada Pemkab Pasaman Barat, DPRD dan unsur terkait yang telah memperjuangkan anggaran KONI untuk pembinaan atlet. Mudah-mudahan olah raga Pasaman Barat meraih kejayaan dengan atlet sendiri," harapnya. (*)