BNI Salurkan Bantuan Sosial di Kota Solok, Kepedulian Tiada Henti

id #BNI

BNI Salurkan Bantuan Sosial di Kota Solok, Kepedulian Tiada Henti

Armen Nazwar, Pemimpin Cabang Solok beserta team BNI Wilayah Padang dan Cab Solok mengantarkan langsung Bantuan untuk Bustomi, Warga Solok yang terbaring sakit di rumahnya. (cc)

Solok, (antara sumbar) - PT Bank Negara Indonesia salurkan bantuan sosial dalam rangka melaksanakan program rehabilitasi sosial Direktorat Sosial Lanjut Usia KementerianSosial melalui kegiatan Program Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) dan Pemberian Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB).

CEO BNI Wilayah Padang area Sumbar , Riau ,Kepri BNI, Rahmad Hidayat menyampaikan bahwa BNI telah ditunjuk oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia sebagai Bank Penyalur ASPDB.

Dari kerjasama ini BNI diharapkan menunjukkan komitmen dalam memberikan layananperbankan antara lain melalui layanan inklusif keuangan BNI Agen46 sebagai mitra yang turut sertamembantu untuk Penyaluran Program Pemerintah.

Secara keseluruhan, program ASLUT akan diberikan kepada 30.000 lanjut usia yang masing-masing akan menerima Rp200 ribu per bulan di 34 provinsi, 418 kbupaten/kota, 1.531 kecamatan dan 4.492 desa.

Rahmad Hidayat juga menambahkan bahwa kriteria penerima ASLUT adalah lanjut usia berusia 60 tahun ke atas dengan kondisi bedridden atau sakit menahun terlantar (bergantung pada bantuan orang lain atau pendamping), tidak tinggal bersama keluarga dan tidak berpenghasilan tetap.

Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB) diberikan kepada 22.500 penyandang disabilitas berat yang masing-masing akan menerima Rp300 ribu per bulan bulan di 34 provinsi, 366 kabupaten/kota, 4.407 kecamatan.

Kriteria penerima ASPDB adalah penyandang disabilitas berat berusia 2 hingga 59 tahun, disabilitasnya tidak dapat direhabilitasi, dan hidup bersama keluarga miskin.

Sedangkan untuk Wilayah Sumatera Barat akan disalurkan sebanyak 1.150 lanjut usia dan 1.116 penyandang disabilitas.

Adapun total penyaluran adalah sebesar Rp920.000.000,- untuk bantuan ASLUT dan Rp. 1.339.200.000,- untuk bantuan ASPDB.

Kota Solok sebagai salah satu daerah tingkat II di Sumatera Barat juga telah menyalurkan bantuan ASLUT dan ASPDB. Terdapat 50 orang lanjut usia dan 10 penyandang disabilitas terdaftar yang berhak mendapatkan bantuan tersebut.

Mewakili lembaga keuangan yang diamanahkan Kementerian Sosial sebagai penyalur ASLUT dan ASPDB, kami berharap bantuan ini dapat tepat sasaran dan dimanfaatkan dengan baik. ungkap Rahmat Hidayat selaku CEO BNI Region Padang, Riau dan Kepri pada kesempatan terpisah.

Kegembiraan terpancar dari wajah tua Bapak Bustami ketika menerima langsung bantuan dari BNI Cabang Solok. Bantuan diserahkan langsung Pemimpin BNI Cabang Solok (7/11) di kediaman Bustami, Jalan Pandan Ujung Belakang Kantor Kajari Kec. Tanjung Harapan Kota Solok.

Pimpinan BNI Cabang Solok Armen Nazwar juga menambahkan produk BNI yang dinamakan BNI Virtual Account (VA) Debit.

Dimana setiap penerima manfaat nantinya akan mendapatkan nomor Virtual Account yang terafiliasi kepada satu rekening Giro dan dapat digunakan untuk membantu penyaluran dana ASPDB dan ASLUT yang dapat ditransaksikan melalui Kartu Debit BNI (Kartu ATM).

Dengan BNI VA Debit, penyaluran dapat dilakukan dengan pemindahbukuan terhadap masing-masing virtual account penerima bantuan tanpa pembukaan rekening asli bagi penerima bantuan.

Penerima bantuan tetap dapat melakukan transaksi operasional keuangan di berbagai Channel BNI, seperti Teller, ATM, EDC yang akan memberikan nilai tambah bagi pelaksanaan asistensi sosial melalui peningkatan efisiensi proses pembukaan rekening penerima bantuan. ***