Ibunda Walikota Solok Meninggal Dunia

id ibunda wako solok wafat

Ibunda  Walikota Solok Meninggal Dunia

Prosesi pelepasan jenazah ibunda Zul Elfian di Nagari Saniang Baka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. ( Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Ibu Walikota Solok, Sumatera Barat Zul Elfian, Nurjanah binti Ilyas (87) berpulang ke rahmatullah di Rumah Sakit Tentara (RST) Kota Solok, sekitar pukul 06.30 WIB pagi tadi.

Selama ini, almarhumah semasa hidupnya aktif di organisasi Aisyiah Muhammadiyah. Almarhumah meninggalkan 5 orang anak yang masih hidup dari 8 orang anaknya.

Di antara para pelayat yang hadir nampak Wakil Walikota Solok Reinier, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can, Sekda Kota Solok Rusdianto, Bupati Solok Gusmal, mantan Sekda Kota Solok dan Sumbar Yohanes Dahlan, Waka Polresta Padang Tommy, Kepala OPD Pemko Solok, serta masyarakat Kota Solok dan Kabupaten Solok.

Dalam prosesi pelepasan jenazah, Zul Elfian mengatakan bahwa Ibunda Nurjanah sesaat sebelum kepergiannya, tidak menderita sakit. Bahkan pagi harinya, almarhumah masih sempat menunaikan Shalat Subuh dalam keadaan bugar.

Namun beberapa lama setelahnya, almarhumah merasa sesak. Pihak keluarga kemudian membawa beliau ke Rumah Sakit Tentara Kota Solok.

Atas peristiwa ini, Zul Elfian mengucapkan terima kasih kepada para pelayat yang menyempatkan diri berbelasungkawa.

"Keberadaan beliau selama ini memberi arti yang luar biasa. Namun, kehendak Allah, tak ada satupun yang bisa menolak. Mohon maaf, jika selama ini ada pihak-pihak yang tersakiti oleh beliau," ujar Walikota Solok, Zul Elfian di Saniang Baka, Rabu.

Sementara itu, Wakil Walikota Solok Reinier menyatakan almarhumah merupakan pribadi dan ibu yang sangat luar biasa. Menurutnya hal itu tercermin dengan lahirnya anak-anak yang mampu menjadi pemimpin di masyarakat.

Salah satunya adalah Zul Elfian yang pernah menjadi pamong senior Kota Solok, Wakil Walikota Solok dan kini Walikota Solok.

"Keberhasilan seorang anak, tidak terlepas dari peran dan pendidikan yang diberikan orang tuanya. Mudah-mudahan hal ini menjadi amal ibadah yang akan membawa beliau ke syurga," ujarnya.

Bupati Solok, Gusmal yang didaulat memberi kata penutup, mengharapkan agar keluarga yang ditinggalkan untuk tabah dengan cobaan ini.

Ia mengharapkan seluruh keluarga almarhumah untuk senantiasa mendoakan. Sehingga, almarhumah diberi kelapangan dari siksa kubur dan di akhirat.

"Marilah kita sama-sama mendoakan almarhumah. Dan memaafkan seluruh kesalahannya. Mudah-mudahan menjadi kelapangan bagi beliau dan amal ibadah bagi kita," ujarnya.

Selesai prosesi di rumah duka, jenazah almarhumah kemudian dishalatkan di Masjid Taqwa Saniang Baka, Kecamatan X Koto Singkarak. Kemudian dikebumikan di pemakaman kaum di Saniang Baka, Kabupaten Solok. (*)