Menggandeng UKM Diving Proklamator, Sumbar Transplantasi 2.200 Bibit Terumbu Karang

id Terumbu Karang

Menggandeng UKM Diving Proklamator, Sumbar Transplantasi 2.200 Bibit Terumbu Karang

Proses transplantasi terumbu karang. (ANTARA SUMBAR/Mabruri Tanjung)

Padang, (Antara Sumbar) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Diving Proklamator Universitas Bung Hatta Kota Padang, Sumatera Barat, mentransplantasikan 2.200 bibit terumbu karang selama 2017 sebagai upaya rehabilitasi.

"Transplantasi merupakan program Dinas Perikanan Provinsi Sumatera Barat serta Kota Padang dan bekerja sama dengan kami," kata Pembina UKM Diving Proklamator UBH, Mabruri Tanjung di Padang, Rabu (8/11).

Transplantasi 2.200 bibit terumbu karang tersebut berada di dua lokasi yakni di Pulau Pigago Kabupaten Pasaman Barat dan Pulau Bando Kota Padang.

Menurutnya berdasarkan data terakhir, 70 persen dari 37.000 hektare luas terumbu karang yang ada di provinsi ini sudah rusak sehingga dibutuhkan upaya-upaya untuk memperbaikinya.

Transplantasi terumbu karang yang dilakukan dengan teknik pencangkokan, sebagai salah satu bentuk pelestarian dan rehabilitasi terumbu karang yang semakin terdegradasi.

Tujuan transplantasi ini, guna pelestarian ekosistem terumbu karang yang berperan dalam mempercepat regenerasi yang telah rusak.

Dari 2.200 bibit yang sudah ditransplantasi tersebut, kata dia 85 hingga 90 persen berdasarkan hasil menitoring sudah mulai tumbuh dan menempel di substrat dasarnya berupa beton.

"Sejak beberapa tahun terakhir UKM Diving Proklamator sudah mentranplantasikan puluhan ribu bibit terumbu karang, baik yang bekerja sama dengan pemerintah maupun secara mandiri," tambah dia.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri mengimbau agar wisatawan tidak menginjak dan mematahkan terumbu karang.

Menurutnya ketika wisatawan melakukan aktivitas di laut seperti selam permukaan atau yang biasa dikenal "snorkeling" secara tidak sadar saat berdiri mereka menginjak terumbu karang sehingga patah, kemudian ada juga yang sengaja mematahkannya untuk dijadikan objek foto.

"Terumbu karang merupakan rumah bagi biota laut lainnya seperti ikan, lobster, dan udang, jika dirusak maka ekosistem laut juga akan punah," tambahnya. (*)