Legislator Dorong Percepat Jalur Alternatif Padang-Padang Pariaman

id Perbaikan Jalan

Legislator Dorong Percepat Jalur Alternatif Padang-Padang Pariaman

Perbaikan jalan. (ANTARA FOTO)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Barat Nurnas meminta pemerintah setempat segera menyelesaikan jalur alternatif Padang-Padang Pariaman di Jalan Syeh Burhanuddin Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman.

"Jalur ini merupakan akses langsung bagi masyarakat dari kabupaten Pasaman Barat, Agam dan Padang Pariaman menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Saat ini masih terkendala persoalan pembebasan lahan" katanya di Padang, Selasa (7/11).

Menurutnya saat ini pengerjaan proyek di dekat Balai Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran Padang Pariaman itu belum selesai sepanjang 600 meter, jika jalur ini selesai akan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat.

Apabila pembebasan lahan ini dapat direalisasikan maka jalur pengerjaanya dapat segera dilanjutkan.

"Anggaran untuk pengerjaan jalur ini telah disediakan di dalam APBD, kita mendesak agar pemerintah kabupaten Padang Pariaman segera menyelesaikan persoalan pembebasan lahan ini," katanya.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan apabila pembangunan jalur ini selesai dan dapat difungsikan secara optimal dapat mengurai kemacetan di kawasan Lubuk Aluang. Masyarakat yang akan menuju Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Pasaman Barat dan Pasaman dapat melalui jalur ini.

"Terutama untuk mengangkut hasil perkebunan dari kabupaten Pasaman Barat menuju Kota Padang," ujarnya.

Menurutnya Bupati Padang Pariaman merupakan sosok yang dekat dengan masyarakat sehingga akan memudahkan pemerintah dalam melakukan pembebasan lahan.

Pihaknya berharap Bupati Padang Pariaman dapat turun langsung dan ikut melakukan mediasi agar pembebasan lahan sepanjang 600 meter itu dapat dilakukan.

"Kita berharap pembebasan jalur provinsi ini segera dapat terwujud agar pengerjaannya segera dikerjakan. Jalur ini akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat terutama untuk meningkatkan perekonomian," katanya.

Sementara anggota DPRD Sumbar daerah pemilihan Kota Pariaman- Kabupaten Padang Pariaman Endarmy mengatakan jalur ini untuk kepentingan masyarakat yang akan digunakan secara bersama-sama.

"Saya berharap masyarakat mendukung penuh pengerjaan jalur ini dengan merelakan lahan mereka untuk dibangun jalur alternatif," kata politisi NasDem itu. (*)