Puluhan Relawan Siap Sukseskan PBF 2017

id Payakumbuh Botuang Festival

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Puluhan relawan nyatakan kesiapan untuk berpartisipasi dalam acara Payakumbuh Botuang Festival (PBF) 2017 yang akan digelar pada 26 November hingga 2 Desember di Kota Payakumbuh Sumatera Barat.

Koordinator relawan PBF 2017, Syukra Maulana di Payakumbuh, Senin (6/11), mengatakan terdapat sebanyak 24 orang relawan yang nantinya akan bergabung dengan panitia dalam persiapan hingga pelaksanaan kegiatan.

"Relawan yang telah bergabung ini merupakan volunteer pilihan yang telah diseleksi panitia berdasarkan kebutuhan di beberapa bidang dalam PBF 2017," katanya.

Ia menyebutkan sejak dibuka pada 13 Oktober 2017, tercatat 40 relawan mendaftar sebagai volunteer dalam kegiatan ini.

Selain dari Payakumbuh, para relawan tersebut berasal dari beberapa daerah di dalam dan luar Sumbar, seperti Bukittinggi, Padang panjang, Padang dan Pekanbaru.

"Sebelumnya ada empat relawan yang mendaftar dari Kalimantan. Tapi karena terkendala transportasi akhirnya mereka tidak dapat bergabung," ujarnya.

Sementara itu Kurator festival, Iyut Fitra mengatakan relawan yang bergabung terlihat antusias untuk menjadi bagian dari festival.

"Kita berterimakasih kepada relawan telah bergabung sebab fungsi volunteer sangat berpengaruh terutama dalam membantu berbagai lini yang ada di festival," kata dia.

Lebih lanjut Iyut menjelaskan di bidang artistik ada sekitar 6 orang yang akan bergabung dengan Tim di setiap venue yang ada. Kemudian juga akan ada penambahan sekitar 6 orang untuk mendampingi seluruh artis atau penampil.

Salah seorang relawan, Bella Lusia Ariska yang merupakan mahasiswi Keperawatan Stikes Yarsi Bukittinggi mengatakan dirinya tertarik untuk menjadi relawan karena PBF 2017 adalah kegiatan daerah yang mengangkat kearifan lokal.

"Saya bergabung karena Ingin lebih mengenal kebudayaan lokal dan terlibat dalam peristiwa kebudayaan di daerah sendiri. Sehingga mendapatkan pengalaman baru dan berkontribusi untuk daerah," katanya.(*)