Legislator: Pemda Perhatikan Kelaikan Jembatan Tekan Kecelakaan

id Jembatan

Ilustrasi - Jembatan rusak.

Padang, (Antara Sumbar) - Sekretaris Komisi IV bidang pembangunan DPRD Sumatera Barat Yulfitni Djasiran mendorong pemerintah daerah itu untuk memperhatikan kelaikan jembatan untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan.
"Dalam melakukan pengerjaan jembatan jangan asal-asalan sehingga kualitasnya buruk dan membahayakan bagi pengendara yang melintas diatasnya," katanya di Padang, Senin (6/11).

Politisi Golkar itu mencontohkan proses perbaikan jembatan yang berada di kawasan Lakuak Ambacang, Kecamatan Halaban Kabupaten Limapuluh Kota yang saat ini sedang berjalan.

Menurutnya dalam proses perbaikan yang dilakukan oleh kontraktor sebaiknya dapat selesai tepat waktu dan kualitas pengerjaannya sesuai dengan kontrak yang telah dibuat.

"Dalam kontraknya pengerjaan jembatan ini selesai pada 15 November 2017, kita berharap pekerjaan ini tepat waktu serta dengan kualitas yang baik," katanya.

Jembatan merupakan kebutuhan vital dalam menggerakkan roda perekonomian daerah, apabila kualitasnya tidak sesuai dengan standar yang telah disepakati tentu akan mengganggu.

Ia menyebutkan saat ini banyak jembatan yang harus diganti karena sudah tidak layak namun pemerintah daerah hanya sekedar melakukan perbaikan.

"Pemerintah harus mengkaji ulang seluruh jembatan yang ada untuk melindungi masyarakat dalam menggunakan fasilitas tersebut," katanya.

Dirinya tidak ingin kejadian di Padang Pariaman yakni sebuah jembatan roboh saat kendaraan yang tengah melintas diatasnya pada beberapa waktu lalu.

"Saya berharap pemda dapat memastikan keamanan seluruh jembatan yang ada di daerah itu agar masyarakat dapat menggunakan fasilitas jembatan dengan baik," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar