Pemkab Dharmasraya Targetkan Semua Nagari Dapat Air Bersih, Ada Hibah Rp2,5 M

id #dharmasraya #air bersih

Pemkab Dharmasraya Targetkan Semua Nagari Dapat Air Bersih, Ada Hibah Rp2,5 M

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuaku Kerajaan. (Antara)

Pulau Punjung (antara sumbar) Kabupaten Dharmasraya menerima bantuan dana hibah Rp2,5 miliar dari pemerintah pusat guna mendukung pelaksanaan program pembangunan bidang air minum dan air limbah.

Sekaitan dengan bantuan dana hibah ini, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, diundang oleh Kementerian Keuangan RI untuk menandatangani perjanjian hibah program air minum dan air limbah yang bersumber dari Ausaid, di Jakarta Pusat pada 1 November 2017.

Selain Bupati Dharmasraya, juga ada 71 kepala daerah lainnya di Indonesia yang juga menerima bantuan yang sama.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyampaikan bantuan dana hibah yang diterima dari pemerintah pusat ini tentu tidak terlepas dari kegigihan jajaran pemerintahan daerah serta dukungan masyarakat, untuk menggaet dana pusat dalam mendorong percepatan pembangunan di daerah.

Bantuan dana hibah ini, kata dia, akan diarahkan pada program pembangunan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang akan dikhususkan bagi rumah tangga berpenghasilan rendah.

Tujuannya, agar ketersediaan air bersih di Kabupaten Dharmasraya dapat dinikmati sampai masyarakat tingkat bawah, ujar bupati.

Untuk program air bersih itu, pemerintah Kabupaten Dharmasraya menargetkan kedepannya semua nagari sudah bisa teraliri air PDAM. "Terutama untuk kawasan-kawasan yang menjadi langganan kekeringan. Ke depan diharapkan tidak mengalami kesulitan air bersih lagi," katanys. ***