Wapres JK Kunjungi Pasar Ateh Bukittinggi Pasca Terbakar

id wapres

Wapres JK Kunjungi Pasar Ateh Bukittinggi Pasca Terbakar

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan berkunjung ke Pasar Ateh, Bukittinggi, Sumatera Barat, untuk meninjau langsung kondisinya setelah terbakar pada 30 Oktober 2017.

"Tiba di Bandara Minangkabau, Wapres langsung bertanya perkembangan Pasar Ateh dan memutuskan untuk meninjau langsung," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Sabtu.

Kedatangan Wapres JK ke Padang pada awalnya hanya mengikuti dua acara, yaitu peresmian Rumah Sakit Universitas Andalas dan penyerahan Anugerah Kewirausahaan Mahasiswa Sumbar.

"Begitu mendarat jam 11.00 WIB langsung digelar rapat khusus dan Wapres memutuskan untuk meninjau langsung ke Pasar Ateh," kata Irwan.

Komplek pertokoan Pasar Ateh Bukittinggi terbakar pada 30 Oktober 2017 dengan kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 triliun.

Kepala Kepolisian Resor Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana mengatakan kerugian merupakan hasil penghitungan kasar dari 794 kios yang ada di Pasar Atas.

"Dari pendataan, di lantai dua ada 354 kios semua sudah habis. Sisanya ada yang setengah terbakar dan ada yang akan terbakar. Analisis kami sementara kerugian mencapai Rp1,5 triliun," ujarnya.

Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias mengatakan setelah kebakaran, pertokoan Pasar Atas ditutup karena kondisinya membahayakan bagi masyarakat.

Ia mengatakan lokasi yang direncanakan sebagai tempat relokasi yaitu di daerah Pasar Banto tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan. (*)