Bupati Pasaman Barat Raih Penghargaan Ayah-Bunda Genre

id syahiran

Bupati Pasaman Barat Raih Penghargaan Ayah-Bunda Genre

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno melalui Kepala BKKBN Sumbar, Syahrudin menyerahkan penghargaan kepada Bupati Pasaman Barat, Syahiran untuk Ayah-Bunda Genre (ABG), Kamis (2/11). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Syahiran memperoleh penghargaan Ayah-Bunda Genre (ABG) Award dari Pemerintah Propinsi Sumbar melalui Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Sumbar.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melalui kepala BKKBN Perwakilan Sumbar, Syahrudin bersamaan dengan acara pencanangan Hari Kesatuan Gerak PPKK KB Kesehatan tingkat kabupaten Pasaman Barat di Jorong Karang Rejo, Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kamis (2/11).

Menurut Kepala BKKBN Sumbar Syahrudin raihan penghargaan Ayah-Bunda Genre diperoleh Bupati Pasaman Barat, Syahiran dilatarabelakangi komitmen dan ketokohannya dalam meningkatkan partisipasi dan peran remaja dalam program kesehatan reproduksi dan pembangunan karakter remaja untuk meraih bonus demografi.

"Ayah-Bunda Genre Award merupakan salah satu bentuk penghargaan bagi bupati/walikota yg punya kepedulian pembinaan dan pengembangan remaja di wilayahnya masing-masing," katanya.

Ia mengatakan kepedulian terhadap remaja tersebut mencakup tiga kategori utama yakni generasi yang terbebas dari perkawinan dini, menjauhi seks bebas dan generasi anti narkoba.

"Syahiran adalah salah satu kepala daerah di Sumbar yang memiliki kepedulian terhadap pengndalian atau pencegahan terhadap baahaya yang mengancam generasi muda," sebutnya.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat, Syahiran menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Propinsi Sumbar atas penganugerahan penghargaan tersebut.

"Saya berbangga hati dengan penghargaan yang telah diberikan, semoga hal ini dapat memotivasi meningkatkan kepedulian kita terhadap persoalan remaja di masa mendatang," katanya.

Disamping itu, terhadap HKG PKK- KB Kesehatan tingkat Pasaman Barat yang dicanangkan, Syahiran berharap momentum tersebut dapat dijadikan momen strategis dalam mewujudkan kekuarga sebagai unit terkecil dari masyarakat menjadi wadah dimulainya gerakan revolusi mental.

"Saya berikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim panitia pelaksana TP. PKK Pasaman Barat atas terselenggaranya pencanangan HKG PKK-KB Kesehatan serta melaksanakan kegiatan kontrasepsi gratis. Semoga kegiatan ini akan berjalan sesuai rencana," harapnya.

Sementara, Ketua TP. PKK Pasaman Barat, Yunisra Syahiran menyampaikan bahwa pelaksanaan HKG PKK-KB Kesehatan adalah cerminan sinergitas program keluarga berencana dengan program kesehatan yang terintegrasi.

"Melalui kegiatan ini diupayakan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan keluarga guna mewujudkan keluarga sejahtera," katanya. (*)