Tahun Depan, Sumbar Sasar Promosi Wisata ke Singapura

id Jam Gadang

Tahun Depan, Sumbar Sasar Promosi Wisata ke Singapura

(ANTARA SUMBAR/Arif Pribadi)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mempersiapkan promosi untuk menarik wisatawan dari Singapura dengan dibukanya rute Singapura-Padang oleh maskapai Air Asia pada Februari 2018.

"Promosinya harus jitu, sesuai karakter dan keinginan wisatawan di Singapura," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang, Kamis (2/11).

Menurutnya, agar hal itu bisa terlaksana, perlu adanya kajian khusus untuk menentukan segmentasi dan target wisatawan yang mungkin digaet untuk datang ke Sumbar dan disesuaikan dengan potensi wisata yang ada di daerah.

"Kita mungkin tidak bisa menjual semua destinasi yang ada di Sumbar untuk tahap awal, karena jumlahnya terlalu banyak dan fasilitas yang tersedia belum memenuhi standar seperti toilet. Jadi yang ditawarkan yang telah siap dulu," kata dia.

Namun, ia belum bisa merinci strategi promosi seperti apa yang harus dilakukan di Negeri Singa Putih dan destinasi atau paket wisata apa yang akan ditawarkan.

Tetapi yang pasti menurut dia, tanpa promosi, wisatawan di Singapura tidak akan tahu ada penerbangan langsung ke Padang dan tidak tahu pula apa yang bisa mereka dapatkan di Ranah Minang.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Amran mengatakan semua urusan administrasi untuk membuka penerbangan Singapura-Padang oleh Air Asia itu telah selesai di Kementerian Perhubungan.

"Ketika rute ini dilayani oleh maskapai Mandala pada 2012, kendalanya adalah waktu kedatangan dan keberangkatan dari Singapura dan sebaliknya yang kurang tepat, hingga wisatawan enggan untuk datang. Ini jadi evaluasi pembukaan rute kali ini," kata dia.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno optimistis kunjungan wisatawan akan meningkat ke Sumbar dengan pembukaan rute itu.

"Singapura adalah salah satu negara dengan kunjungan wisatawan tertinggi. Kita tentu berharap sebagian tertarik datang ke Sumbar," kata dia. (*)